ANALISIS DAMPAK EXPERIENTIAL MARKETING DAN SERVICES PERFORMANCE TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI KEPUASAN PASEN

Authors

  • Kosasih Kosasih Universitas Sangga Buana
  • Rendi Maulana Universitas Sangga Buana
  • Widjadjanti Oetojo Rumash Sakit Hasan Sadikin

DOI:

https://doi.org/10.32897/jiim.2022.1.1.1646

Abstract

Keluaran dari hasil penelitian ini ingin mendapatkan bukti empiris yang berdasarkan pengamatan peneliti hal ini penting untuk diteliti karena ingin mengetahui dampak pengalaman marketing dan kinerja pelayanan terhadap intensitas berkunjung kembali dengan kepuasan pasen sebagai varibel intervening. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah pada Klinik Pratama Avionic Singaparna Tasikmalaya.Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif melalui data kuesioner disebarkan kepada 91 orang pasen dengan menggunakan Teknik Puposive Sampling.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel experiential marketing tergolong sangat baik, sedangkan variabel service performance, kepuasan pasen dan repurchase intention pada umumnya tergolong baik. Hasil analisis verifikatif analisis jalur dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) Smart PLS ditemukan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara variabel service performance.Kemudian dampak langsung antara experiental pemasaran terhadap berkunjung kembali berdampak positif dan siginifikan. Artinya semakin baik service performance yang diberikan klinik kepada pasen maka repurchase intention menjadi menurun, jika menginginkan service performance dapat memberikan dampak terhadap repurchase intention, maka perlu diwujudkan melalui kepuasan pasen terlebih dahulu. Apabila kepuasan pasen terpenuhi, maka repurchase intention akan terwujud.

References

Smilansky S. xperiental Marketing A Practical Guide to Interactive Brand Experiences. Second Edi. United Kondom: Kogan Page Limited; 2009.

M.P Sianturi V, Lukiyana. Pengaruh Experiental Marketing Dan Service Performance Terhadap Repurchase Intention Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening Pada Rumah Sakit Pusat Infeksi (Rspi) Sulianti Saroso Di Jakarta Utara. J Chem Inf Model. 2020;53(9):1689–99.

Anggraini NPN, Jodi IWGAS, Putra DP. The Influence of Experiential Marketing and E-Service Quality on E-Satisfaction and Repurchase Intention. J Int Conf Proc. 2020;3(2):50–8.

Cronin, J. J, Taylor, S. A. Measuring service quality: A reexamination and extension. J Mark. 1992;56(3):55–68.

Febrianti IN, Keni K. Pengaruh Experiential Marketing dan Service Quality terhadap Customer Loyalty: Customer Satisfaction sebagai Variabel Mediasi. J Manaj Bisnis dan Kewirausahaan. 2021;5(1):56.

Friesa Ergo M SS, Dharmani IGAAN. The impact of experiental marketing and repurchase intention through customer satisfaction in coffee industry (Case study at Janji Jiwa Jilid 358 Surabaya). Int J Educ Soc Sci. 2020;1(1):37–46.

Astari W, Pramudana K. Peran Experiential Value Dalam Memediasi Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Repurchase Intention. MatrikJurnal Manajemen, Strateg Bisnis dan Kewirausahaan. 2016;10(1):16–30.

Ronald V, Dharmayanti D, Si M, Pemasaran PM, Petra UK, Siwalankerto J. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening di Breadtalk Surabaya Town Square. 2014;2(1):1–12.

Khan I, Rahman Z. Influence of Experiential Marketing on Customer Purchase Intention: A Study of Passenger Car Market. Manag Labour Stud. 2014;39(3):319–28.

Berry LL, Carbone LP, Haeckel SH. Managing the total customer experience. MIT Sloan Manag Rev. 2002;43(3):85–9.

Innis DE, Londe BJ La, Innis DE, Londe BJ La. Modelling the Effects of Customer Service Performance on Purchase Intentions in the Channel MODELLING THE EFFECTS OF CUSTOMER SERVICE PERFORMANCE ON PURCHASE INTENTIONS IN THE CHANNEL. 2018;6679(January).

Business I, Trade I. Gender Differences in the Relationship between Experiential Marketing and Purchase Intention. 2013;8(1):10–9.

Pantin-Sohier G. The Influence of the Product Package on Functional and Symbolic Associations of Brand Image. Rech Appl en Mark (English Ed [Internet]. 2009;24(2):53–71. Available from: https://www.researchgate.net/publication/264347491_The_Influence_of_the_Product_Package_on_Functional_and_Symbolic_Associations_of_Brand_Image

Downloads

Published

2022-08-15