KUALITAS LAYANAN MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT INAP RSUD RATU AJI PUTRI BOTUNG

Authors

  • Sayid Arifin Universitas Sangga Buana
  • Asep Effendi Universitas Sangga Buana
  • Rukhiyat Syahidin Universitas Langlang Buana
  • Vip Paramarta Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/jiim.2023.1.2.2240

Keywords:

Kualitas layanan, Kepuasan pasien

Abstract

Ketatnya persaingan rumah sakit di Indonesia khususnya di Kalimantan Timur baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta menyebabkan kepuasan pasien menjadi prioritas utama. Layanan yang diberikan oleh rumah sakit secara prima sesuai dengan harapan mereka akan memberikan kepuasan kepada pasien. Rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta hendaknya dapat menilai faktor apa saja yang dapat memberikan kepuasan kepada pasien. Atas dasar hal tersebut di atas maka tujuan pada penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dengan dimensi TERRA (tangible, empathy, responsive, dan assurance) terhadap kepuasan pasien. Responden pada penelitian ini adalah pasien pengguna BPJS dengan lokasi penelitian RSUD Ratu Aji Putri Botung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Jumlah sampel sebanyak 96 dengan teknik pengambilan sampel secara kebetulan ada dan memenuhi syarat pada suatu tempat (accidental sampling). Data penelitian diperoleh dari hasil pengisian kuesioner dengan skala likert dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Path analysis dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dimana diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,776. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kualitas layanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas layanan semakin baik akan meningkatkan kepuasan pasien pengguna BPJS RSUD Ratu Aji Putri Botung.

References

Firdaus Ff, Dewi A. Evaluasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Bpjs Di Rsud Panembahan Senopati Bantul. J Medicoeticolegal Dan Manaj Rumah Sakit. 2015;4(2).

Hastuti Skw, Mudayana Aa, Nurdhila Ap, Hadiyatma D. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. J Fak Kesehat Masy. 2017;11(2):161–8.

Ardinata M. Tanggung Jawab Negara Terhadap Jaminan Kesehatan Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia (Ham). J Ham. 2020;11(2):319.

Baby Silvia Putri Lk. Kepuasan Pengguna Perspektif Dokter Rumah Sakit. J Ris Manaj Dan Bisnis [Internet]. 2017;2(1):1–12. Available From: Http://Jrmb.Ejournal-Feuniat.Net/Index.Php/Jrmb/Article/View/24/20

Tjiptono F. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi; 2012.

Umniyati H. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara Tahun 2009. J Kedokt Yars [Internet]. 2010;18(1):9–20. Available From: Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/105017-Id-Kepuasan-Pasien-Terhadap-Pelayanan-Tenag.Pdf

Creswell Jw. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatf. Setiyawami, Editor. Bandung: Alfabeta; 2019.

Kusnendi. Analisis Jalur Konsep Dan Aplikasi Program Spss. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia; 2013.

Widyastuti N, Widjanarko B, Adi Ms. Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Kesehatan Di Instalasi Rawat Jalan Rsud Dr. H. Soewondo Kendal. J Manaj Kesehat Indones. 2018;6(1):39–49.

Liani Ardiana B Jt. Pengaruh Tangles, Responsiveness, Empathy Dalam Pelayanan Terhadapa Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karanganyar. J Penelit Dan Kaji Ilm Fak Ekon Univ Surakarta. 2019;17(2):2085–215.

Lca Ry, Jonathan R, Lau Ea. Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Balai Pengobatan Santa Familia Di Barong Tongkok Kab. Kutai Barat. Ekonomia. 2014;

Natassia R, Utami Hy, Studi P, Ekonomi P, Barat S. Pengaruh Responsiveness, Assurance, Dan Tangible Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Air Tawar Kota Padang. Mak J Manaj. 2020;6(2):169–74.

Amalia A, Amalia L. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rs Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Jca Ekon. 2020;1(2).

Pramita S, Samino S, Sari Fe. Faktor Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Kesehatan Di Unit Rawat Inap Kelas Iii Rumah Sakit Umum Daerah Prabumulih. J Dunia Kesmas. 2019;8(3).

Nur’aini N. Pengaruh Daya Tanggap Dan Empati Para Medis Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Demang Sepulau Raya Kabupaten Lampung Tengah. J Simplex. 2019;2(1).

Hamid R, Radji Dl, Ismail Yl. Pengaruh Empathy Dan Responsiveness Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pelanggan. Oikos Nomos J Kaji Ekon Dan Bisnis. 2020;13(1):27–38.

Agalela A. Pengaruh Responsiveness Dan Empathy Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Penjualan Pt. Yakult Indonesia Persada Cabang Bandar Jaya. J Simplex. 2019;3(2).

Hasan A. Pengaruh Tangibles, Empathy, Reliability, Responsiveness Dan Assurance Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Pada Puskesmas Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. J Ilm Dikdaya. 2021;11(1):85.

Liem Jb, Zulfendri, Juanita. Hubungan Jaminan Layanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rsu Imelda Pekerja Indonesia Medan. J Muara Sains Teknol Kedokteran, Dan Ilmu Kesehat. 2018;Vol 2(No. 1 April):Hal. 208.

Downloads

Additional Files

Published

2023-02-28