ANALISA KELAYAKAN INFRASTRUKTUR KESEHATAN KECAMATAN ENTIKONG KABUPATEN SANGGAU
Main Article Content
Abstract
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang berfungsi dalam penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan pengutamaan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Upaya kesehatan tersebut berfokus pada pelayanan pada masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, dengan tetap memperhatikan mutu layanan perorangan. Puskesmas dipimpin oleh seorang kepala Puskesmas yang bertanggung jawab kepada Dinas Kesehatan KabupatenKota. Dalam pelaksanaannya Puskesmas tidak hanya terdiri dari sebuah bangunan utama, melainkan juga terdiri dari bangunan lainnya yang terletak berbeda dengan lokasi Puskesmas utama, seperti puskesmas pembantu, polindes dan puskesmas keliling. Hal ini dikarenakan luas wilayah pelayanan dimana puskesmas diperlukan untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan jarak. Sehingga puskesmas merupakan sebuah infrastruktur Kesehatan yang kompleks dan perlu perencanaan dan pengembangan yang terstruktur.
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Sanah N. Pelaksanaan fungsi puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. eJournal Ilmu Pemerintah. 2017;5(1):305–14.
Permenkes. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit perlu disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan hukum. 2020;(3):1–80.
Undang-Undang Republik Indonesia. Undang-undang RI No. 44 tentang Rumah Sakit. 2009.
Ainurrahmah Y. Pengaruh Manajemen Pusat Kesehatan Masyarakat terhadap Akses Pelayanan Kesehatan untuk Mewujudkan Mutu Pelayanan Kesehatan. J Publik. 2017;11(2):239–56.
Puskesmas Entikong. Profil Puskesmas Entikong 2021. Entikong; 2022.
Laksmiarti T, Budisuari M, Ardani I. Pilihan Pelayanan Kesehatan oleh Masyarakat Perbatasan Negara. Bul Penelit Sist Kesehat. 2015;17(4):353–62.
Umniyati H. Kepuasan pasien terhadap pelayanan tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara Tahun 2009. J Kedokt Yars [Internet]. 2010;18(1):9–20. Available from: https://media.neliti.com/media/publications/105017-ID-kepuasan-pasien-terhadap-pelayanan-tenag.pdf
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2017.
Ahmadien I. Statistika Terapan Dengan Sistem SPSS. Bandung: ITB Press; 2019.
Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. 5, editor. Yogyakarta: PT Rineka Cipta; 2006.
Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian [Internet]. Antasari Press. 2011. 129 p. Available from: https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf