DIGITALISASI LAYANAN DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN PEMUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA SUKABUMI

Alhidayatullah Alhidayatullah

Abstract


Digitalisasi layanan dan fasilitas perpustakaan merupakan faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pemustaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digitalisasi layanan dan fasilitas perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka. Data penelitian ini adalah pemustaka pada Perpustakaan Daerah Kota Sukabumi dengan populasi sebanyak 1.120. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan web.raosoft.com sample size dengan tingkat error sebesar 5% sehingga didapatkan sampel sebanyak 287 responden. Menyebarkan kuesioner adalah metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai metode analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi layanan dan fasilitas perpustakaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pemustaka, dan pengaruhnya sebesar 60,9% sedangkan 39,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel yang memiliki pengaruh dominan yaitu fasilitas perpustakaan, dengan pengaruhnya sebesar 49,9%. Adapun kontribusi dalam penelitian ini adalah memperluas literature manajemen pemasaran terkait digitalisasi layanan dan fasilitas perpustakaan dalam konteks organisasi.


Keywords


Digitalisasi layanan; Fasilitas perpustakaan; Kepuasan pemustaka

Full Text:

PDF

References


Karadimce A, Davcev DP. Towards improved model for user satisfaction assessment of multimedia cloud services. Journal of Mobile Multimedia. 2018;14(2):157–96.

Harris P, Dall’Olmo Riley F, Hand C. Multichannel shopping: The effect of decision making style on shopper journey configuration and satisfaction. Journal of Retailing and Consumer Services. 2021 Jan 1;58.

Martin J. Job Satisfaction of Professional Librarians and Library Staff. J Libr Adm. 2020 May 18;60(4):365–82.

Harisanty D. Level of user satisfaction on the Facebook library. Library Hi Tech News. 2019 May 2;36(3):7–8.

Yousaf A, Mishra A, Gupta A. ‘From technology adoption to consumption’: Effect of pre-adoption expectations from fitness applications on usage satisfaction, continual usage, and health satisfaction. Journal of Retailing and Consumer Services. 2021 Sep 1;62.

Putra SJ, Subiyakto A, Yunita I, Gunawan MN, Durachman Y. Assessing the user satisfaction perspectives of information system: A library case study in Indonesia. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science. 2018 Oct 1;12(1):95–101.

VanScoy A. Using Q methodology to understand conflicting conceptualizations of reference and information service. Libr Inf Sci Res. 2021 Jul 1;43(3).

Dick AS and BSD. Consumer Loyalty : Toward on Integrated Conceptual Framework. Journal Of The Academy Marketing Science. 2015;22(1):99–113.

Aini K, Rahmawaty P. The Effect of Service Quality and Consumer Trust on Retail Website Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen. 2018;15(2):60–8.

Zhang Y, Lo P, So S, Chiu DKW. Relating library user education to business students’ information needs and learning practices: a comparative study. Reference Services Review. 2020 Nov 30;48(4):537–58.

Rennick B. Library services navigation: Improving the online user experience. Information Technology and Libraries. 2019 Mar 1;38(1):14–26.

Hardyanto W, Purwinarko A, Adhi MA. End-user satisfaction analysis on library management system unnes using technology acceptance model towards national standard of integrated library. In: Journal of Physics: Conference Series. Institute of Physics Publishing; 2018.

Ostler KR, Norlander B, Weber N. Using Open Data to Inform Public Library Branch Services. Public Library Quarterly. 2021;40(4):365–77.

Padeiro M, Bueno-Larraz B, Freitas Â. Local governments’ use of social media during the COVID-19 pandemic: The case of Portugal. Gov Inf Q. 2021 Oct 1;38(4).

Jayasundara CC. How a “fine regime” of an unacceptable user behaviour policy affects library use: nudging or shoving? J Access Serv. 2021;18(2):111–46.

Nunekpeku P. Establishing clients’ satisfaction levels with automated library based services: A case study at University of Cape Coast library, Ghana. Digit Libr Perspect. 2020 Mar 9;36(1):8–20.

Zhang Z. The effect of library indoor environments on occupant satisfaction and performance in Chinese universities using SEMs. Build Environ. 2019 Mar 1;150:322–9.

Widyastana J G, Yulianthini NN. Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Tri Jay’s Salon dan SPA di Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen. 2022;8(2):462–9.

Andi Pandita. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta; 2019. 69 p.

Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. 8th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2016.

Rohaeni H, Marwa N. Kualitas Pelayanan TerhadapKepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica. 2018;2(2):312–8.

Ismail T, Yusuf R. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA. 2021;5(3):413–23.

Setyawati R. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen. 2023.

Budiarno B, Udayana IBN, Lukitaningsih A. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi [Internet]. 2022;19(2):226–33. Available from: https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium

Maimunah S. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumene. Vol. 1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 2019.

Suhardi Y, Zulkarnaini Z, Burda A, Darmawan A, Klarisah AN. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi. 2022 Nov 11;31(02):31–41.

Endang E, Sugiyanto S. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Gudang Komoditi Sistem Resi Gudang Kabupaten Bojonegoro. Vol. 4. JPIM; 2019.

Putri Maulidiah E, Survival S, Budiantono B. Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina. 2023;2(3):727–37.

Rutjuhan A, Ismunandar I. Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan : Studi Kasus Mahfoed Life Gym. Pamator Journal. 2020 Apr 4;13(1):105–9.

Markus M. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada SpbuMuara Siban KecamatanPulau PinangKabupaten Lahat). Motivasi Jurnal Manajemen dan Bisnis. 2020;5(2):885–91.

Nur M, Ahmad Fadili D. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Travellers Hotel Jakarta [Internet]. Vol. 05, Jurnal Pemasaran Kompetitif. 2021. Available from: http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK




DOI: https://doi.org/10.32897/jiim.2023.2.1.2724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License