PERKEMBANGAN SISTEM DAN TEKNIK PENGANGGARAN SEKTOR PUBLIK BERBASIS KINERJA

Chiata Oktaverina, Muhammad Fakhriansyah Kurniawan, Iasha Nastitie Auliawati Rachma, Ida Farida Adi Prawira

Abstract


Setiap organisasi sektor publik memiliki tujuan yaitu tercapainya suatu kinerja atas anggaran yang diterima. Hingga saat ini pemerintah telah melakukan perubahaan sistem dan teknik penganggarannya mulai dari tradisional budgeting system hingga new public management. Namun dalam pelaksanaannya masih belum maksimal walaupun sudah merubah sistem penganggarannya menuju lebih baik. Studi literature ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dapat menyebabkan tidak maksimalnya sistem anggaran yang terapkan pada setiap organisasi sektor public. Metode studi literature dilakukan dengan cara penelusuran artikel melalui media internet seperti google scholar, e-journal UPI dan situs jurnal resmi lainnya. Hasil studi ini memperlihatkan bahwa penerapan sistem penganggarang berbasis kinerja masih belum maksimal karena masih terdapat daerah yang dimana pembiayaannya tidak terserap sesuai anggaran, serta kurangnya inovasi dalam penyusunan program kerja. Pelaksanaan sistem penganggaran berbasis kinerja di beberapa daerah Indonesia bisa dikatakan belum maksimal.


Keywords


Penganggaran Sektor Publik; Sistem Anggaran Berbasis Kinerja

Full Text:

PDF

References


Waworuntu, Resti Hanatasia, & Treesje Runtu. 2014. Analisis Perubahan Sistem Penganggaran Di Indonesia Dan Pengaruhnya Pada Kinerja Inspektorat Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA. Vol. 2, No. 3: 560-569.

Santosa, Budi. 2014. Sitem Penganggaran Pendidikan Tinggi dari Old Public Management Menuju New Public Management. Jurnal Kependidikan. Vol. II, No. 2

Indrawati, Novita. 2010. Penyusunan Anggaran Dalam Era New Public Management: Implementasinya Di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis. Vol. 10, No. 2.

Kurrohman, Taufik. 2013. Evaluasi Penganggaran Berbasis Kinerja Melalui Kinerja Keuangan Yang Berbasis Value For Money Di Kabupaten/Kota Di Jawa Timur. Jurnal Dinamika Akuntansi. Vol. 5, No.1.

Setyorini, Ninik, Handoko A Hasthoro, & Agung Wicaksono. 2013. Partisipasi Anggaran Pada Organisasi Sektor Publik. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 4, No. 2: 137-148.

Avionita, Venni. 2013. Pengaruh Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Kinerja Program Peningkatan Disiplin Aparatur Instansi Pemerintah Daerah.

Hakip Nurdiansyah, Dian. 2012. Analisis Sistem Penganggaran Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Keuangan Yayasan As-Syifa (Studi Kasus Pada Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyah). Jurnal Manajerial. Vol. 10, No. 20.

Murni Sari, Retno. 2016. Rencana Anggaran Keuangan daerah Basis Konsep Peran Akuntansi Sektor Publik (Studi Pada Pemda Kabupaten Tulungagung). Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi. Vol. 8, No. 1: 1-114

Sulistiadi, Wahyu. 2008. Sistem Anggaran Rumah Sakit Yang Berorientasi Kinerja untuk meningkatkan Kualitas Keuangan Publik. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. Vol. 2, No. 5

Puspitasari, Ratna. 2013. Studi Penganggaran Berbasis Kinerja Pada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Jurnal Jejaring Administrasi Publik. Vol. 5, No.2: 356.

Puspitasari, R. (2013b). Studi Penganggaran Berbasis Kinerja pada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI Jakarta. Jejaring Administrasi Publik, V(2), 356–369.

Sari, E. N. (2010). PENYUSUNAN ANGGARAN DALAM ERA NEW PUBLIC MANAGEMENT: IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA Vol 10 No .2 / September 2010. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 10(September), 119–135.

Sulistiadi, W. (2016). Sistem Anggaran Rumah Sakit yang Berorientasi Kinerja untuk Meningkatkan Kualitas Keuangan Publik. Kesmas: National Public Health Journal, 2(5), 234. https://doi.org/10.21109/kesmas.v2i5.256.

Nasir, Mohamad. 2010. Perubahan Sistem Penganggaran di Indonesia dan dampaknya pada kinerja [Tesis]. Semarang (ID): Universitas Diponegoro.

Cipta, Hendra. 2011. Analisis Penerapan Penganggaran berbasis kinerja (Performance based Budgeting) pada Pemerintahan Daerah (Studi Eksloratif pada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar) [Tesis]. Padang (ID): Universitas Andalas




DOI: https://doi.org/10.32897/jsikap.v4i1.156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal SIKAP (Sistem Informasi, Keuangan, Auditing Dan Perpajakan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Akuntansi  
Fakultas Ekonomi
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2541-1691 e-ISSN: 2599-1876

Creative Commons License
Jurnal SIKAP by Program Studi Akuntansi licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats