ANALISIS PERAN AUDITOR INTERNAL DALAM MENDETEKSI KECURANGAN

Muhammad Adriansyah, Yenni Samri Juliati Nasution, Nurwani Nurwani

Abstract


Auditor internal berperan sangat penting dalam mendeteksi dan mencegah kecurangan di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Auditor Internal Dalam Mendeteksi Kecurangan Pada PDAM Tirtanadi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil perhitungan, hasil persentase kuesioner untuk peran auditor internal adalah sebesar 72.39% yang memenuhi kriteria antara 51 – 75%, persentase tersebut menunjukan bahwa auditor internal berperan cukup penting di PDAM Tirtanadi. Sedangkan hasil persentase kuesioner untuk pendeteksian kecurangan (fraud) diperoleh hasil sebesar 79.16% yang memenuhi kriteria anatra 76 – 100%, persentase tersebut menunujukan bahwa auditor internal berperan sangat penting dalam mendeteksi kecurangan yang terjadi di PDAM Tirtanadi. Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya tindak kecurangan di PDAM Tirtanadi adalah tekanan yang dialami oleh pegawai, berupa gaji yang tidak mencukupi, harga pokok makanan yang terus naik, dan lain-lain.


Keywords


Auditor Internal; Pendeteksian Fraud.

Full Text:

PDF

References


Agoes, S. (2014). Auditing: (Pemeriksaan Akuntan) oleh Kantor Akuntan Public. Salemba Emapat.

Ardianingsih, A. (2018). Audit Laporan Keuangan. Bumi Aksara.

Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) Indonesia. (2020). Survei Fraud Indonesia 2019. Acfe Indonesia Chapter. https://acfe-indonesia.or.id/survei-fraud-indonesia/

Fahmi, M., & Syahputra, M. R. (2019). Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan (Fraud). Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(1).

Ginanjar, Y., & Syamsul, E. M. (2020). Peran Auditor Internal dalam Pendeteksian dan Pencegahan Fraud Pada Bank Syariah di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3).

Harwida, G. A. (2015). Mengulik Peran Auditor Internal Dalam Melakukan Deteksi Dan Pencegahan Fraud Di Perguruan Tinggi. InFestasi Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 11(1). http://neo-bis.trunojoyo.ac.id/infestasi/article/view/1123/954

Ningsih, F., & Saifudin, S. (2019). Peran Audit Internal Dalam Rangka Pencegahan Fraud (Studi Kasus Pt Java Prima Abadi). Majalah Ilmiah Solusi, 17(4).

Samsul, R. (2018). Analisis Peran Auditor Internal Dalam Mendeteksi Kecurangan Pada PT.Haka Sentra Corporindo Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Suginam, S. (2016). Pengaruh Peran Audit Internal dan Pengendalian Intern TerhadapPencegahan Fraud ( Studi Kasus Pada PT. Tolan Tiga Indonesia). Jurnal Pelita Informatika, XV(1).

Tahir, M. I. (2019). Peran Auditor Internal Dalam Mencegah Fraud Pada PT.PLN (Persero) Satuan Pengawasan Intern Inspektorat Audit Sulawesi. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makasar .

Wahyuni, W., & Budiwitjaksono, G. S. (2017). Fraud Triangle Sebagai Pendeteksi Kecurangan Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi, 21(1).




DOI: https://doi.org/10.32897/jsikap.v7i2.2035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal SIKAP (Sistem Informasi, Keuangan, Auditing Dan Perpajakan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Akuntansi  
Fakultas Ekonomi
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2541-1691 e-ISSN: 2599-1876

Creative Commons License
Jurnal SIKAP by Program Studi Akuntansi licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats