WINDFALL TAX : PERLUKAH DITERAPKAN DI INDONESIA GUNA MENGATASI KESENJANGAN PENDIDIKAN?

Authors

  • Ayun Hanafiyah Universitas Brawijaya
  • Harif Ilahi Universitas Brawijaya
  • Heri Kurniawan Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.32897/jsikap.v7i2.2148

Keywords:

Windfall Tax, Pendidikan, Dana, Perusahaan, Keuntungan

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia cukup memprihatinkan, hal ini ditunjukkan oleh ketidakmerataan tenaga pengajar, minimnya fasilitas pendidikan, dan biaya pendidikan yang tinggi. Penerapan windfall tax dapat mengantisipasi defisit anggaran dan menopang penerimaan APBN yang diharapkan dapat membantu pendanaan untuk pemerataan kualitas pendidikan. Misalnya, Nigeria menjadi contoh negara yang telah menerapkan windfall tax untuk alokasi dana pendidikan dengan tarif 2% atas keuntungan perusahaan di Nigeria. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, skema windfall tax dapat diterapkan di Indonesia, besaran pajak tersebut dialokasikan dengan menggunakan rasio perbandingan untuk setiap tingkatan pendidikan, yaitu TK:SD:SMP:SMA/SMK:Perguruan Tinggi sebesar 10:15:20:25:30. Penerapan windfall tax berpotensi memberikan penerimaan yang cukup besar bagi negara dan juga peningkatan kualitas akses dan mutu pendidikan yang lebih baik.

Author Biographies

Ayun Hanafiyah, Universitas Brawijaya

Perpajakan

Harif Ilahi, Universitas Brawijaya

Perpajakan

Heri Kurniawan, Universitas Brawijaya

Perpajakan

References

Artax. (2022). Apa Itu Windfall Tax?. Surabaya: Artax.Id.

Awirya, A. A., Gunawan, S., & Nurman, P. (2017). Upaya Pemerataan Kontribusi Pariwisata Pada Perekonomian Bali. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 2(3), 347-352.

BPS. (2020). Jumlah Perusahaan Menurut Provinsi (Unit), 2018-2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Binekasri, R. (2022). Cuan Batubara Luber, Laba RMK Energy (RMKE) Meroket 153,90%. Jakarta: CNBC Indonesia.

Greatrex, Phil. (2022). New windfall tax on the UK oil and gas sector. United Kingdom: Tax Journal.

IES. (2022). Revenues and Expenditures for Public Elementary and Secondary Education: FY 20. USA: National Center for Education Statistics.

Idris, R. (2010). Apbn Pendidikan Dan Mahalnya Biaya Pendidikan. Jurnal Lentera Pendidikan, 13(1), 3-10.

Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 Pasal 31 Ayat 1 Tentang Pendidikan. Jakarta.

Jayani, D, K. (2021). Pemerintah Siapkan Rp 541,7 Triliun Anggaran Pendidikan dalam RAPBN 2022. Jakarta: Katada, Databooks.

Kajian Strategis. (2022). Reviu Informasi Strategis Energi dan Mineral. Jakarta Pusat: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kenayathulla, B.K., Subramaniam, R., Ghani, M. F. A., & Abdullah, Z. (2018). Determinants of Financial Adequacy: Evidence From Malaysian Tamil Schools. Malaysian Online Journal of Educational Management, 6(3), 87-106.

Labetubun, M. A. H., Nugroho, L., Pinem, D., Mukhtadi, M., Sinurat, J., Pusporini, P., Umiyati, H., Hendrayani, Y., Anwar, K., Lahallo, F. F., Rahayu, P. S., Ahmad, D., & Gaol, S. L. (2022). CSR PERUSAHAAN “Teori Dan Praktis Untuk Manajemen Yang Bertanggung Jawab”. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Rahmat, Abdul. (2015). Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Gorontalo: Ideas Publishing.

Rachmany, H. (2021). Aktualisasi Peran Pajak dalam Dunia Pendidikan (Simbiosis Mutualisme). Jurnal Pajak dan Bisnis, 2(1), 20-33.

Rahman, A. (2017). Efisien dalam Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Eklektika, 5(2), 87-103.

Rida, A., et al. (2020). Statistik Pendidikan 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Rida, A., et al. (2021). Statistik Pendidikan 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Seely, Antony. (2014). The Windfall Tax. United Kingdom: House of Commons Library.

Simanjuntak., Hamonangan, T., & Mukhlis. (2012). Dimensi Ekonomi Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi, Jakarta: Raih Asa Sukses.

Suwandi. (2012). Arah Kebijakan Pemanfaatan dan Penyaluran Dana Pendidikan pada Era Otonomi Daerah. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejujuran, 21(2), 167-178.

Taiwo, A. A., Imosemi, A., & Adebayo, A. K. (2021). Education Tax Act/Fund; Meeting the Tertiary Institutions Yearnings in Nigeria. Babcock University. Journal of Education (BUJED), 7(1),167-176.

The World Bank. GDP (Current US$)-World. Amerika Serikat: World Bank National Accounts Data, and OECD National Account Data Files.

Ugwuanyi., & Obinne, G. (2014). Taxation and Tertiary Education Enhancement in Nigeria: An Evaluation of the Education Tax Fund (ETF) Between 1999- 2010. Journal of Economics and Sustainable Development, 5(6), 131-141.

Youngman., J. (2016). A Good Tax: Legal and Policy Issues for the Property Tax in the United States. Lincoln Institute of Land Policy.

Downloads

Published

2023-12-14

Issue

Section

Artikel