PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, GROSS PROFIT MARGIN, COMPANY SIZE DAN VARIABILITAS HARGA POKOK PENJUALAN TERHADAP PEMILIHAN INVENTORY VALUATION METHOD

Mohamad Rafki Nazar, Rr. Sri Saraswati, Ahmad Al Fayyaadh

Abstract


Pemilihan metode penilaian persediaan merupakan salah satu hal yang penting bagi perusahaan, karena semua keputusan yang diambil memiliki konsekuensi dalam hal laba. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial dari kepemilikan manajerial, gross profit margin, company size dan variabilitas harga pokok penjualan terhadap pemilihan inventory valuation method. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini memiliki 216 data observasi yang didapat dari 36 perusahaan sub sektor industri barang konsumsi terdaftar di BEI 2016-2021. Metode analisis pada penelitian adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, gross profit margin, company size dan variabilitas harga pokok penjualan berpengaruh secara simultan terhadap inventory valuation method. Kepemilikan manajerial, gross profit margin, company size berpengaruh secara parsial terhadap pemilihan inventory valuation method. Sedangkan variabilitas harga pokok penjualan tidak berpengaruh secara parsial terhadap inventory valuation method


Keywords


Gross Profit Margin; Kepemilikan Manajerial; Company Size;Variabilitas harga pokok penjualan

Full Text:

PDF

References


Ayem, S., & Harjanta, A. P. P. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Variabilitas Persediaan, Kepemilikan Manajerial, Financial Leverage dan Laba Sebelum Pajak Terhadap Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan. Jurnal Akuntansi Dewantara, 2(1), 83–95. https://doi.org/10.29230/ad.v2i1.2578

Bahri, S. (2016). Pengantar Akuntansi (Cet.1). CV. Andi Offset.

Frida, C. V. O. (2021). Akuntansi Aktiva, Utang, Modal: Pendekatan Konsep, Jurnal dan Pelaporan. Garudhawaca.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gumanti, T. A. (2017). Keuangan Korporat : Tinjauan Teori dan Bukti Empiris (Cet.1). Mitra Wacana Media.

Hery. (2017). Riset Akuntansi. Gramedia Widiasarana Indonesia.

ndrajaya. (2011). Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Tingkat Pertumbuhan, Profitabilitas dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal: Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2007. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2.

Rivaldo, B. (2016). Analisis Penerapan PSAK NO.14 Terhadap Metode Pencatatan dan Penilaian Persediaan Barang Dagangan Pada PT. SURYA WENANG INDAH MANADO. Fakiltas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado, 4(1).

Setiyanto, K., & Laksito, H. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pemilihan Metode Akuntansi Persediaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Dagang dan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Tahun 2008 2010). In Skripsi. Universitas Diponegoro.

Sukirni, D. (2012). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen dan Kebijakan Hutang Analisis Terhadap Nilai Perusahaan. Accounting Analysis Journal, 1(2).

Syailendra, B., & Raharja. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemilihan Metode Penilaian Persediaan (Studi Kasus Pada 2008-2012). Diponegoro Journal Of Accounting, 3(2), 1–12.

Waluyo, I., Amani, & F.A. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Opini Audit, dan Umur Perusahaan terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Nominal, 5(1), 135–140.




DOI: https://doi.org/10.32897/jsikap.v7i2.2180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal SIKAP (Sistem Informasi, Keuangan, Auditing Dan Perpajakan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Akuntansi  
Fakultas Ekonomi
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2541-1691 e-ISSN: 2599-1876

Creative Commons License
Jurnal SIKAP by Program Studi Akuntansi licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats