PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, INFLASI, NILAI TUKAR, PRICE EARNING RATIO, DAN PRICE TO BOOK VALUE TERHADAP HARGA SAHAM

Authors

  • Angga Fitra Dwi Pratama Trunojoyo Madura University
  • Nur Hayati Trunojoyo Madura University

DOI:

https://doi.org/10.32897/jsikap.v7i2.2541

Keywords:

Penurunan harga saham, suku bunga, inflasi, nilai tukar, price earning ratio, price to book value, harga saham, bursa efek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengaruh suku bunga, inflasi, nilai tukar, price earning ratio, dan price to book value terhadap harga saham perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman periode 2017-2021. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan variabel independen yaitu suku bunga, inflasi, nilai tukar, price earning ratio, dan price to book value, sedangkan untuk variabel dependen pada penelitian ini yakni harga saham. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan mengambil data dari website resmi bursa efek Indonesia dan website resmi bank Indonesia, sehingga diperoleh 95 data pada penelitian ini dengan menentukan kriteria pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data sekunder dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini memperoleh bahwa suku bunga, inflasi dan nilai tukar tidak memiliki pengaruh terhadap harga saham, sedangkan untuk variabel PER dan PBV berpegaruh terhadap harga saham.

References

Aini, Intan Nurkhikmatul et al. 2020. “Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan.” Proceeding Universitas Pamulang.

Ali, Karnila, Dick Ratna Sari, dan Rosydalina Putri. 2019. “Pengaruh Inflasi Nilai Tukar Rupiah Dan Harga Emas Dunia Terhadap Indeks Harga Saham Pertambangan PadaBursa Efek Indonesia (Periode Tahun 2016-2018).” Jurnal Bisnis Darmajaya.

Arbaningrum, Rosa, dan Asep Muslihat. 2021. “The Effect Of Interest Rate, PER, And PBV On The Share Price Of Construction Sub-Sector Companies.” COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting.

Astuti, Eni Puji, dan Rika Ardila. 2019. “Pengaruh Perubahan Tingkat Suku Bunga Bank Indonesia Dan Perubahan Nilai Tukar Rupiah Pada Us Dollar Terhadap Harga Saham-Saham Lq45 Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi) 2(3): 65.

Darmadji, Fakhruddin. 2011. Pasar Modal Di Indonesia. Jakarta: Salemb Empat.

Desiana, Lidia. 2018. “Pengaruh Price Earning Ratio (Per), Earning Per Share (Eps), Devidend Yield Ratio (Dyr), Dividend Payout Ratio (Dpr), Book Value Per Share (Bvs) Dan Price Book Value(Pbv ) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar D.” I-Finance: a Research Journal on Islamic Finance.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. 8th ed. Semarang: Universitas Diponegoro.

Herman, Santoso. 2003. “Pengaruh Perbedaan Laju Inflasi Dan Suku Bunga Pada Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar Amerika Dalam Kurun Waktu Januari 2000 - Desember 2002.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga 3.

“Infografis Prediksi Perekonomian 60 Negara Bakal Ambruk - News Liputan6.Com.” https://m.liputan6.com/news/read/4992363/infografis-prediksi-perekonomian-60-negara-bakal-ambruk (July 4, 2022).

Ismawati, Lufti Ayu, Anita Wijayanti, dan Rosa Nikmatul Fajri. 2021. “Pengaruh Net Profit Margin, Price To Book Value, Dan Dividend Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Indeks LQ 45.” JAE: Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi.

Karim, Adimaran A. 2015. Ekonomi Makro Islami. 5th ed. Jakarta: Rajawali Pers.

Melyani, Irine, dan Martha Ayerza Esra. 2021. “Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Dan Nilai Tukar Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Periode 2016 – 2018.” 6(1): 50–59.

Mishkin, Frederic S. 2008. Ekonomi Uang, Perbankan, Dan Pasar Keuangan. 8th ed. Jakarta: Salemba Empat.

Mutiarani, Niki Nony, Riana R Dewi, dan Suhendro Suhendro. 2019. “Pengaruh Price Earning Ratio, Price To Book Value, Dan Inflasi Terhadap Harga Saham Yang Terindeks Idx 30.” Jurnal Ilmiah Edunomika.

Natsir, M. 2014. Ekonomi Moneter Dan Kebanksentralan. 1st ed. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Neldi, Syahira, Elfiswandi, dan Yeni Zefriyenni. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi IHSG Pada Perusahaan Perbankan Tahun 2015-2019.” Jurnal Sekuritas.

Nugraha, Rahmat Dewa Bagas, dan H.M Nursito. 2021. “Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Inflasi Dan Nilai Kurs Terhadap Harga Saham Perusahaan Perhotelan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Per Triwulannya Periode 2016-2018.” Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING).

Nur Azura, Syarifah, Myrna Sofia, Nurhasanah Nurhasanah, dan Firmansyah Kusasi. 2019. “Pengaruh Devidend Payout Ratio, Devidend Yield, Ukuran Perusahaan, Volume Perdagangan, Nilai Tukar, Inflasi, Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Volatilitas Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016.” Bahtera Inovasi.

Rahmadewi, Pande Widya, dan Nyoman Abundanti. 2018. “Pengaruh Eps, Per, Cr Dan Roe Terhadap Harga Saham Di Bursa Efek Indonesia.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Ramadani, Fitri. 2018. “Pengaruh Inflasi, Suku Bunga Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Harga Ssaham Perusahaan Sektor Properti Dan Real Estate Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia.” Manajemen Bisnis.

Rismala, Elwisam. 2020. “Pengaruh Inflasi, Bi Rate, Kurs Rupiah, Dan Harga Emas Dunia Terhadap Indeks Harga Saham Sektor Pertambangan Di Indonesia.” Oikonomia: Jurnal Manajemen.

Ross, Stephen A. 1977. “The Determination of Financial Structure: The Incentive-Signalling Approach.” CFA Digest

Samsul. 2006. Pasar Modal Dan Manajemen Portofolio. 2nd ed. Jakarta: Erlangga.

Spence, Michael. 1973. 87 Uncertainty in Economics Job Market Signalling The Essay Is Based on the Author’s Doctoral Dissertation (“Market Signalling: The Informational Structure of Job Markets and Related Phenomena,” Ph.D. Thesis, Harvard University, 1972), Forthcoming as a Book Entitled Market Signaling. ACADEMIC PRESS, INC.

Sugiyono, Prof. Dr. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Kedua. ed. MT Dr. Ir. Sutopo. S.Pd. Bandung: ALFABETA,CV.

Susilawati, Christine Dwi Karya. 2012. “Analisis Perbandingan Pengaruh Likuiditas , Solvabilitas , Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan LQ 45.” Jurnal Akuntansi

Tandelilin, Eduardus. 2014. Portofolio Dan Investasi: Teori Dan Aplikasi Edisi Kelima. Kelima. Yogyakarta: Kanisius.

Tannia, Yuni, dan Suharti. 2020. “Analisis Pengaruh Debt to Equity Ratio, Debt to Asset Ratio, Price Earning Ratio Dan Price to Book Value Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Pertanian.” INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi.

Wismantara, Sangga Yoga, dan Ni Putu Ayu Darmayanti. 2017. “Pengaruh Nilai Tukar, Suku Bunga Dan Inflasi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Di Bursa Efek Indonesia.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Downloads

Published

2023-12-14

Issue

Section

Artikel