PENGARUH PENGETAHUAN, MOTIVASI BELAJAR DAN SOSIALISASI PASAR MODAL TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI BERINVESTASI DI PASAR MODAL
Main Article Content
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengetahuan pasar modal, motivasi belajar pasar modal, dan sosialisasi pasar modal terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berinvestasi di pasar modal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang berada di Provinsi DKI Jakarta, baik dari universitas negeri maupun universitas swasta, dengan sampel penelitian sebanyak 184 mahasiswa akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pasar modal, motivasi belajar tentang pasar modal, dan sosialisasi pasar modal berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berinvestasi di pasar modal. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pasar modal untuk meningkatkan minat mahasiswa akuntansi dalam berinvestasi di pasar modal.
Article Details
Authors who publish their articles in Jurnal Sistem Informasi, Keuangan, Auditing & Perpajakan (SIKAP) agree to the following terms:
(1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
(2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
(3) The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aldin, I. U. (2019, Januari 2). (P. Aria, Penyunting) Dipetik 11 17, 2019, dari Katadata.co.id: https://katadata.co.id/berita/2019/01/02/menteri-darmin-pendalaman-pasar-modal-belum-maksimal
Cahya, T. B., & Kusuma, A. N. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman , 7.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan peneribit-Undip.
Hafiyyan. (2019, November 03). Investor Milenial Dominasi Pasar Modal. Diambil kembali dari Bisnis.com: https://market.bisnis.com/read/20191103/7/1166189/investor-milenial-dominasi-pasar-modal#
IDX. (2019, Desember 13). Profil Perusahaan Tercatat. Diambil kembali dari https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/profil-perusahaan-tercatat/
Khotimah, H., Warsini, S., & Nuraeni, Y. (2015). Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Investor Pada Efek Syariah di Pasar Modal.
Kurniawan, A. (2018). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Dalam N. N. M (Penyunt.). Bandung: PT Remaza Rosdakarya.
Malik, A. D. (2017). Analisa Faktor-Faktor Yang Mpengaruhi Minat Masyarakat Beinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galei Investasi UISI. Ekonomi dan Bisnis , 3.
Nasution, Y. S. (2015). Peranan Pasar Modal dalam Perekonomian Negara.
Nisa, A., & Zulaika, L. (2017). Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. PETA , 2.
Pajar, R. C. (2017, Juli 17). Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY.
Prakoso, D. (2019, 11 18). OJK: Jumlah Investor Baru 0,8 Persen dari Jumlah Penduduk Indonesia. (A. A. Hidayat, Penyunting) Dipetik 04 16, 2020, dari Tempo.com: https://bisnis.tempo.co/read/1273578/ojk-jumlah-investor-baru-08-persen-dari-penduduk-indonesia/full&view=ok
Sinarwati, P. A., & Purnamawati, G. A. (2017). Pengaruh Manfaat, Fasilitas, Persepsi Kemudahan, Modal, Return, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Mahasiwa Untuk Berinvestasi Seacar Online. Akuntansi , 8 No. 2.
Sukmawijaya, A. (2017, 11 1). Dipetik 2 2020, dari 12,8% Penduduk Malaysia Sudah Investasi Saham, di RI baru 0,2%: kumparan.com/kumparannews/12-8-penduduk-malaysia-sudah-investasi-saham-di-ri-baru-0-2
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pendidikan Ekonomi UM Metro , 3.
Tandio, T., & Widanaputra, A. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi, Risiko, Gender, dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana , 16 No. 3.