PENGARUH RISIKO BISNIS DAN RISIKO FINANSIAL TERHADAP RISIKO SISTEMATIS SAHAM INDUSTRI MANUFAKTUR

Anita Syafariah

Abstract


 

Bagi perusahaan yang telah go public adanya penilaian investor terhadap risiko sistematis merupakan hal yang selalu diperhitungkan. Analisa terhadap kondisi perusahaan dapat dilakukan dengan menganalisa kondisi laporan keuangan yang merupakan peta atau paparan aktivitas, profitabilitas, struktur modal dan likuiditas perusahaan. Terdapat dua risiko yang dihadapi perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya yaitu risiko bisnis dan risiko finansial. Ketidakstabilan harga saham perusahaan dapat menyebabkan meningkatnya risiko kepemilikan saham, dimana tingkat risiko saham perusahaan tersebut dihubungkan dengan risiko sistematis dan diukur dengan menggunakan beta (β). Dilatarbelakangi hal ini, sesuai dengan judul yang penulis teliti yaitu “Pengaruh Risiko bisnis dan Risiko finansial Terhadap Risiko Sistematis Saham Industri Manufaktur Pada Bursa Efek Indonesia”, penelitian ini bermaksud untuk melihat apakah variabel risiko internal perusahaan berpengaruh terhadap risiko sistematis saham industri manufaktur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif dengan menggunakan metode analisis jalur, dengan tingkat kesalahan 5% untuk mendapatkan analisis mengenai pengaruh risiko bisnis dan risiko finansial terhadap risiko sistematis saham.Hasil yang diperoleh dari uji statistik F menunjukkan bahwa terdapat  pengaruh yang signifikan dari risiko bisnis dan risiko finansial terhadap risiko sistematis saham industri manufaktur.Berdasarkan uji statistik yang dilakukan, diperoleh hasil uji statistik t yang menunjukkan bahwa risiko bisnis secara parsial tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap risiko sistematis saham, tetapi risiko finansial secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap risiko sistematis saham. Pengaruh tidak langsung antara risiko bisnis terhadap risiko finansial tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap risiko sistematis saham industri manufaktur. Maka dari itu diperlukan sebuah penelitian lebih lanjut dengan memperhatikan hubungan variabel dengan keadaan perekonomian, jumlah sampel yang lebih banyak, dan periode yang lebih panjang untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik


Keywords


Risiko Bisnis; Risiko Finansial; Beta

Full Text:

PDF

References


Brigham, J. Fred Eugene dan Ehrhardt, (2002), Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Alih Bahasa : Alfonsus Sirait, ed.9, Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Doddy Setiawan, (2003), Analisis Faktor-faktor Fundamental yang Mempengaruhi Risiko Sistematis Sebelum dan Selama Krisis Moneter. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. XI, No. 2, Oktober, 565-574.

Eduardus Tandelilin, (2001), Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, Cetakan Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Gitman, Lawrence J., (2000), Principle of Management Finance, 8th ed., Prentice-Hall Inc.,New Jersey, USA.

Indonesian Capital Market Directory (ICMD) Tahun 2004 dan 2005.

Jones, P Charles, (1999), Investment : Analysis and Management, 7th ed., John willey and Sons, Inc.

Jogiyanto, (2003), Teori Portofolio & Analisis Investasi, ed.3, BPFE, Yogyakarta.

Juanim, (2004), Analisis Jalur Dalam Riset Pemasaran (Teknik Pengolahan Data SPSS &Lisrel), Fakultas Ekonomi UNPAS, Bandung.

JSX Monthly Statistics, (2004, Desember), Vol. 13, No. 12.

Munawir, (1995), Analisa laporan Keuangan, ed. Keempat, Cetakan Kelima, Liberty, Yogyakarta.

R. Agus Sartono, (2001), Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, ed. Keempat, Cetakan Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Reilly, K Frank, Keith C Brown, (1997), Investment Concept Analysianalysis and Portfolio Management, 5th ed., The Dryden Press, Orlando, USA.

Ridwan S. Sudjaja dan Inge Barlian, (2003), Manajemen Keuangan Satu, ed. Kelima, PT. Intan Sejati, Klaten.

Suad Husnan, (2001), Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, ed. Ketiga,Cetakan Kedua, AMP YKPN, Yogyakarta.

Sudjana, (1997), Statistika, Edisi Ketiga, Tarsito, Bandung.

Sugiyono, (2004), Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Ketujuh, CV. Alfabeta, Bandung.

Sukanto Reksohadiprojo, Heidjirachman Ranupandojo, Irawan, (1991), Pengantar Ekonomi Perusahaan, Edisi II, BPFE, Yogyakarta.

Sunariyah, (2004), Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, ed. Keempat, UPP-AMP YKPN, Yogyakarta.

Tjiptono Darmadji dan Hendy M. Fakhrudin, (2001), Pasar Modal di indonesia : Pendekatan Tanya Jawab, PT. Salemba Satria, Jakarta.

Van Horne, James C, (2005), Fundamentals of Financial Management ,Diterjemahkan oleh Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Van Horne, James C, John, M Wachowiz Jr, (1998), Fundamentals of Financial Management,8th ed., Prentice-Hall Inc., New Jersey, USA.




DOI: https://doi.org/10.32897/jsikap.v1i2.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Sistem Informasi, Keuangan, Auditing & Perpajakan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Akuntansi  
Fakultas Ekonomi
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2541-1691 e-ISSN: 2599-1876

Creative Commons License
Jurnal SIKAP by Program Studi Akuntansi licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats