ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN INFORMASI SUKARELA PADA BANK UMUM DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Audita Setiawan Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/jsikap.v1i2.51

Keywords:

Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, Pengungkapan informasi sukarela

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan informasi sukarela pada Bank Umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan data pada Laporan Tahunan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif untuk mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel lain, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel 12 perusahaan perbankan yang merupakan Bank Campuran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015. Hasil penelitian menunjukan komponen likuiditas yaitu loan deposit ratio, komponen profitabilitas yaitu net interest margin dan komponen solvabilitas yaitu  capital adequacy ratio secara bersama-sama memiliki pengaruh secara simultan terhadap  pengungkapan informasi sukarela pada perusahaan, sedangkan secara parsial komponen likuiditas berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan informasi sukarela ; komponen profitabilitas yaitu net interest margin tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan informasi sukarela dan komponen solvabilitas yaitu capital adequacy ratio tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan informasi sukarela.

References

BAPEPAM. 2006. Kewajiban Penyampaian Laporan Tahunan Bagi Emiten Atau Perusahaan Publik, diambil dari http://www.bapepam.go.id.

Fitriani. 2001. Signifikansi Perbedaan Tingkat Kelengkapan Wajib danSukarela pada Laporan Keuangan Perusahaan Publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Simposium Nasional Akuntansi IV.

Hanafi, Mahmud. dan Abdul Halim. (2000). Analisa Laporan Keuangan. UPP AMP YKPN:Yogyakarta.

Hendriksen, D, Eldon and Micahel F. Van Bred.(2002). Teori Akuntansi. Edisi V. Buku 2. Batam: Interaksara.

Imam Ghozali (2013). Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 8. Semarang: BPUD.

Imhoff Jr., E. A., 1992. The Relation Between Perceived AccountingQuality and Economic Characteristics of the Firm. Journal of Accounting and Publik Policy. (Vol. 11).

Peraturan Bank Indonesia Nomor 8/4/PBI/2006 tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Bagi Bank Umum dan Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/33/PBI/2009 tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Bagi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah.

Retnoningsih, 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Laporan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011).

Singhvi, Surendra S., dan Harsha B.Desai. 1971, An Empirical Analysisof the Quality of Corporate Financial Disclosure. The Accounting Review.

Sugiyono, 2002.Statistik Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Yesi Wulandari, 2015.Analisis Faktor yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Informasi Sukarela pada Laporan Keuangan Tahunan.(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia).

http://www.idx.co.id. Laporan Keuangan Perusahaan Perbankandan Laporan Tahunan Perusahaan Perbankan

Downloads

Published

2017-04-20

Issue

Section

Artikel