PERSEPSI AUDITOR TERHADAP PENGGUNAAN SOFTWARE ATLAS PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK YANG TERDAFTAR DI JABODETABEK

Dian Kusuma Wardhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Persepsi Auditor Terhadap Penggunaan Software Audit Tool And Linked Archive System (ATLAS) Pada Kantor Akuntan Publik Yang Terdaftar Di JABODETABEK dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), adapun model TAM yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari : Persepsi kemanfaatan (perceived usefulness), Persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use),Sikap (attitude) dan Minat perilaku pengunaan (behavior intention to use) terhadap Penggunaan sesungguhnya (actual use). Uji statistik yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Data diolah menggunakan bantuan aplikasi AMOS 2.0.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada auditor di Kantor Akuntan Publik yang berdomisili di JABODETABEK. Hasil analisis menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Minat dan Sikap tidak berpengaruh terhadap Penggunaan sedangkan Persepsi Kemudahan serta Persepsi Penerimaan berpengaruh positif terhadap Penggunaan.


Keywords


Kata kunci: Technology Acceptance Model (TAM), Audit Software,

Full Text:

PDF

References


Hall, J. A., & Singleton, T. (2007). Audit Teknologi Informasi dan Assurance 1 (ed.2). Salemba Empat.

Haryono, S., & Wardoyo, P. (2012). Structural Equation Modeling. PT. Intermedia Personalia Utama.

Husain, T. (2017). Analisis Determinan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Software Audit. Jurnal Ilmiah Matrik, 19(2), 131–150.

Mulyadi. (2014). Auditing 1 edisi 6. Salemba Empat.

SE, T. A. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENERIMAAN APLIKASI SISTEM AUDIT AUDIT TOOL AND LINKED ARCHIVE SYSTEM (ATLAS)(Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).




DOI: https://doi.org/10.32897/jsikap.v6i1.607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal SIKAP (Sistem Informasi, Keuangan, Auditing Dan Perpajakan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Akuntansi  
Fakultas Ekonomi
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2541-1691 e-ISSN: 2599-1876

Creative Commons License
Jurnal SIKAP by Program Studi Akuntansi licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats