PENGARUH MEDIA DALAM MENSOSIALISASIKAN PERATURAN PAJAK TERHADAP PEMAHAMAN WAJIB PAJAK
DOI:
https://doi.org/10.32897/jsikap.v2i2.80Keywords:
Media, Peraturan PerpajakanAbstract
Sebagai penyumbang terbesar bagi APBN, pajak memegang peranan yang sangat penting dalam menjalankan roda pemerintahan, dan dewasa ini 78% penerimaan negara berasal dari pajak. Self assesment system menuntut wajib pajak untuk dapat melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan secara mandiri, tapi dalam pelaksanaannya masih terkendala oleh pemahaman wajib pajak yang berbeda. karenanya penggunaan media yang tepat dalam proses sosialisasi perlu dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada wajib pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh media, baik media masa maupun media tatap muka dalam mensosialisasikan peraturan perpajakan terhadap pemahaman wajib pajak, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif asosiatif, dengan menggunakan analisis statistik regresi multiple. Hasil penelitian menunjukkan Sosialisai yang dilakukan Dirjen Pajak baik melalui media tatap muka maupun media massa “ Sangat Baik”, dan Sosialisasi Peraturan Perpajakan dengan media massa dam media tatap muka, baik secara parsial maupun simultan, berpengaruh secara signifikan terhadap Pemahaman Wajib Pajak, yang dapat dilihat dari nilai t dan F hitung lebih besar dari t dan F tabel, sehingga Ha “diterima”.
References
Agung Dwi Prabowo, 2015, Efektivitas Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan Spt Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi , Jurnal EMBA Vol.3 No.1 Maret, Hal.1063-1070, ISSN 2303-1174
Arifin, Anwar. 1984. “Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas”. Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, Suharsimi, 2000. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta. PT.Bhineka Cipta.
Al Rasyid, Harun Kismantoroadji. (2005) “Statistika Sosial”. Bandung
Barr N.A., James S.R., Prest A.R., 1977, Self-Assessment For Income Tax, Heinemann Educational Books – London.
Berger, Peter (1990). “Tafsir Sosial Atas Kenyataan Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan”. Jakarta: LP3ES.
Cangara, Hafied. 2005. “Perencanaan dan Strategi Komunikasi”. Jakarta: Rajawali Press.
Effendy, Onong Uchanda. 1981. “Dasar-dasar Ilmu Komunikasi”. Bandung: Rosda
Krech, David. 1962. “Individual in Society”. McGraw Hill, California.
Ihrom. 2004. “Bunga Rampai Sosiologi Keluarga”. Jakarta:Yayasan Obor Indonesia.
Mead, George Herbert. 1863-1931. “Mind, Self and Society: From a Standpoint of a Social Behaviorism”. Ed. Charles Morris. Chicago: University of Chicago Press.
Mulyana, Deddy. 2001. “Ilmu Komunikasi Seuatu Pengantar”. Bandung: Rosda
Narwoko & Bagong. 2007. “Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan”. Jakarta: Kencana.
Oktaviane Lidya Winerungan, 2013, Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan WPOP, Jurnal EMBA September Vol.1 No.3 ISSN 2303-960, , Hal. 960-970
Pasca Rizki Dwi Ananda,Srikandi Kumadji,Achmad Husaini, 2015, Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak,Universitas Brawijaya , jurnal perpajakan (jejak) | vol. 6 no. 2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish their articles in Jurnal Sistem Informasi, Keuangan, Auditing & Perpajakan (SIKAP) agree to the following terms:
(1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
(2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
(3) The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.