PENGARUH MEDIA DALAM MENSOSIALISASIKAN PERATURAN PAJAK TERHADAP PEMAHAMAN WAJIB PAJAK

Authors

  • Hetti Herawati Universitas Sangga Buana
  • Roni Tabroni Universitas Sangga Buana
  • Senny Lusiana Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/jsikap.v2i2.80

Keywords:

Media, Peraturan Perpajakan

Abstract

Sebagai penyumbang terbesar bagi APBN, pajak memegang peranan yang sangat penting dalam menjalankan roda pemerintahan, dan dewasa ini  78% penerimaan negara berasal dari pajak.  Self assesment system menuntut wajib pajak untuk dapat melaksanakan hak dan kewajiban  perpajakan secara mandiri, tapi dalam pelaksanaannya masih terkendala oleh  pemahaman wajib pajak yang berbeda. karenanya penggunaan  media yang tepat dalam proses sosialisasi  perlu dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada wajib pajak. Tujuan  dari penelitian ini  adalah : Untuk mengetahui pengaruh media,  baik media masa maupun media tatap muka dalam mensosialisasikan peraturan perpajakan terhadap  pemahaman wajib pajak, baik secara parsial maupun simultan. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini  adalah metode deskriptif  asosiatif, dengan menggunakan analisis  statistik regresi  multiple. Hasil penelitian menunjukkan Sosialisai yang dilakukan Dirjen Pajak  baik melalui media tatap muka maupun media massa “ Sangat Baik”,  dan  Sosialisasi Peraturan Perpajakan dengan media massa dam media tatap muka, baik secara parsial maupun simultan, berpengaruh secara signifikan terhadap Pemahaman Wajib Pajak, yang dapat dilihat dari nilai t dan F hitung  lebih besar dari t dan F tabel, sehingga Ha  “diterima”.

Author Biographies

Hetti Herawati, Universitas Sangga Buana

Akuntansi

Roni Tabroni, Universitas Sangga Buana

Ilmu Komunikasi

Senny Lusiana, Universitas Sangga Buana

Fakultas Ekonomi

References

Agung Dwi Prabowo, 2015, Efektivitas Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan Spt Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi , Jurnal EMBA Vol.3 No.1 Maret, Hal.1063-1070, ISSN 2303-1174

Arifin, Anwar. 1984. “Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas”. Jakarta: Rajawali Press.

Arikunto, Suharsimi, 2000. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta. PT.Bhineka Cipta.

Al Rasyid, Harun Kismantoroadji. (2005) “Statistika Sosial”. Bandung

Barr N.A., James S.R., Prest A.R., 1977, Self-Assessment For Income Tax, Heinemann Educational Books – London.

Berger, Peter (1990). “Tafsir Sosial Atas Kenyataan Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan”. Jakarta: LP3ES.

Cangara, Hafied. 2005. “Perencanaan dan Strategi Komunikasi”. Jakarta: Rajawali Press.

Effendy, Onong Uchanda. 1981. “Dasar-dasar Ilmu Komunikasi”. Bandung: Rosda

Krech, David. 1962. “Individual in Society”. McGraw Hill, California.

Ihrom. 2004. “Bunga Rampai Sosiologi Keluarga”. Jakarta:Yayasan Obor Indonesia.

Mead, George Herbert. 1863-1931. “Mind, Self and Society: From a Standpoint of a Social Behaviorism”. Ed. Charles Morris. Chicago: University of Chicago Press.

Mulyana, Deddy. 2001. “Ilmu Komunikasi Seuatu Pengantar”. Bandung: Rosda

Narwoko & Bagong. 2007. “Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan”. Jakarta: Kencana.

Oktaviane Lidya Winerungan, 2013, Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan WPOP, Jurnal EMBA September Vol.1 No.3 ISSN 2303-960, , Hal. 960-970

Pasca Rizki Dwi Ananda,Srikandi Kumadji,Achmad Husaini, 2015, Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak,Universitas Brawijaya , jurnal perpajakan (jejak) | vol. 6 no. 2

Downloads

Published

2018-05-02

Issue

Section

Artikel