TINGKAT KEPUASAN KONTRAKTOR DAN SUPPLIER DALAM MELAKSANAKAN PEKERJAAN DI KAWASAN SUMMARECON BANDUNG

Authors

  • Bonny Wijaya Universitas Sangga Buana YPKP
  • Agus Rachmat Universitas Sangga Buana
  • Chandra Afriade Siregar Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2023.16.1.1842

Abstract

Tingkat kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. Jika kinerja berada di bawah harapan maka pelanggan tidak puas, jika kinerja memenuhi harapan maka pelanggan puas dan jika kinerja melebihi harapan maka pelanggan sangat puas. Penelitian ini mencoba memberikan jawaban tentang bagaimana tingkat kepuasan kontraktor dan supplier dalam melaksanakan pekerjaan di kawasan summarecon bandung, dan data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner terhadap 75 responden kontraktor dan 75 responden suplier. Hasil penelitian memperlihatkan nilai Customer Satisfaction Index kontraktor yang dihasilkan adalah sebesar 87,65 %, yang masuk kategori sangat puas (81% - 100%) dan nilai Customer Satisfaction Index supplier yang dihasilkan adalah sebesar 90,49 %, yang masuk kategori sangat puas (81% - 100%). Dengan demikian kontraktor dan supplier sangat puas melaksanakan pekerjaan di Kawasan Summarecon Bandung. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kontraktor dan supplier dalam melaksanakan pekerjaan di Kawasan summarecon bandung berdasarkan metode Importance Perfomance Analysis adalah faktor mengerti kebutuhan proyek, kemampuan manajemen dan attitude (sikap).

References

Fitriana D, Y.K.O F, Utomo Dwi H J, D.S T. Pengukuran Kepuasan Kontraktor Terhadap Kinerja Klien pada Proyek Konstruksi Swasta. 2014. Vol. 3.

Maddeppungeng A, Intari Dwi E, Fauziah Nuzulan N. Evaluasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Manajemen Proyek Kontraktor Besar (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Bendungan KLM di Provinsi Banten). Jurnal Konstruksia. 2020;11(2):59–72.

Ervianto WI. Manajemen Proyek Konstruksi Edisi – Revisi. 2004.

Soetanto R, G. Proverbs D, D. Holt G. A Conceptual Tool for Assessing Client Performance in the Construction Project Coalition. 2002.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 2013.

Rinaldy, Budi Aulia T, Rauzana A. Analisis Faktor-faktor Pengaruh Konflik (Dispute) Terhadap Keberhasilan Proyek Konstruksi di Provinsi Aceh. Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala. 2017;6(2):149–58.

Sugiri T. Materi Kuliah 27 November 2020 (Uji Validitas dan Reliabilitas). 2020;1–18.

Augusta RR. Tesis Evaluasi Kinerja Kontraktor Proyek Jalan dan Jembatan di Kabupaten Gresik. 2020.

Khadafy MR, Muttaqin M, Rauzana A. Identifikasi Faktor Kinerja Kontraktor Yang Paling Berpengaruh Terhadap Kepuasan Stakeholders Di Dinas Cipta Karya Aceh. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan. 2019;2(3):268–75.

Asyiah S, Maddeppungeng A, Alfalakh DS. Evaluasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Manajemen Proyek Kontraktor Besar (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Kampus Untirta Sindangsari). Vol. 9, Jurnal Fondasi. 2020.

Pranata D, Huda M, Siswoyo. Analisis Kinerja Pemilik Proyek Swasta Dinilai oleh Kontraktor Swasta di Kota Surabaya. Vol. 6. 2018.

Published

2023-07-29