Pengaruh Kejenuhan Belajar Terhadap Minat Belajar Mahasiswa FEB Unwim dalam Mengikuti Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid 19

Authors

  • Nining Harnani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti
  • Dodi Tisna Amijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti
  • Rudi S Ahmadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2024.17.1.2432

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kejenuhan belajar dan minat belajar mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis UNWIM dalam mengikuti perkuliahan secara daring pada masa pandemi Covid 19, serta mengungkap besar pengaruh kejenuhan belajar terhadap Minat belajar. Pada masa pandemi perkuliahan daring merupakan salah satu solusi untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar, internet menjadi salah satu media pembelajaran untuk menampilkan kegiatan pembelajaran baik melalui bentuk presentasi modul kuliah, rekaman video, audio atau tulisan dari Dosen yang bersangkutan. Metode deskriptif verifikatif digunakan dengan instrument kuesioner dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 sebanyak 80 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merasa jenuh dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan secara daring dikarenakan masalah diantaranya sulit mengerti materi yang disampaikan, sinyal yang kurang baik, serta lingkungan rumah yang kurang mendukung sehingga mahasiswa hilang fokus belajar. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kejenuhan belajar berpengaruh negatif terhadap menurunnya minat belajar. Dimana ketika semakin tinggi tingkat kejenuhan belajar mahasiswa maka akan menyebabkan menurunnya minat belajar mahasiswa terhadap perkuliahan secara daring.

Published

2024-05-01