Analisis Pengendalian Air Permukaan Di Bawah Fly Over Dengan Sistim Drainase Terpadu Pada Kasus Ruas Jalan Mekar Mukti – Cibarusah Dengan Pendekatan Model Hidrolik Eksperimen Laboratorium

Authors

  • Bakhtiar Abu Bakar Universitas Sangga Buana
  • Dede Muhammad Yahya Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2019.12.1.273

Abstract

Drainase mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Secara umum, drainase didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan/atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal. Drainase juga diartikan sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalam kaitannya dengan sanitasi. Dalam perencanaan saluran drainase harus memperhatikan tata guna lahan daerah tangkapan air saluran drainase yang bertujuan menjaga ruas jalan tetap kering walaupun terjadi kelebihan air, sehingga air permukaan tetap terkontrol dan tidak mengganggu pengguna jalan.Fly over Cikarang adalah jembatan yang berada di ruas jalan provinsi yang menghubungkan desa Mekar Mukti di Kecamatan Cikarang Utara dan desa Cibarusah Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi, berada pada koordinat 107,14373° BT 6,30992° LS - 107,14735° BT 6,31386° LS sepanjang 250,00 m. Pada musim penghujan, dibawah fly over sering terdapat genangan akibat air hujan yang tidak mengalir sehingga mengakibatkan kerusakan baik pada permukaan jalan maupun trotoar. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen laboratorium yang dilakukan dengan mengadakan pemodelan terhadap objek penelitian. Eksperimen laboratorium menurut Moh Nasir (1988), adalah observasi dibawah kondisi buatan (artifical condition), yang kondisinya dapat diatur dan dibuat oleh peneliti.

References

Affandi, D. (2009). Pengkajian Kapasitas Daya Dukung Tanah Gambut di Daerah Pengembangan Irigasi Di Kalimantan.

Brown, C.B. and W.T. Murphy, 1955, Konservasi dimulai dari DAS. Buku tahunan pertanian (Air).

Chow, Ven te, 1964, Buku panduan hidrologi terapan, Mc. Graw-Hill Buku perusahaan, New York.

Dr. Ir. Suyono Sosrodarsono dan Dr. Masateru Tominaga, Perbaikan dan Pengaturan Sungai, Jakarta, 2008.

Eagleson, PS, 1970, Hidrologi dinamis, Mc Graw- Hill, New York.

Ersin Seyhan, 1990. Dasar-Dasar Hidrologi, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Gregory, K.J. and Walling, D.E., 1973, Bentuk cekungan drainase dan proses Pendekatan geomorfologi, Edward Arnold (Pub), Ltd. London.

Indra Dicky Saputra, Analisis Bentuk dan Jenis Tanggul Berdasarkan Pengaruh Aliran Turbulensi Terhadap Tekanan Aliran Normal dan Banjir Pada Studi Kasus Sungai Citarik, Bandung, 2011.

Joyce Martha dan Wanny Adidarma, --, Mengenal Dasar-Dasar Hidrologi, Penerbit Nova, Bandung.

Sosrodarsono Suyono dan Kensaku Takeda, 1977, Hidrologi untuk Pengairan. Pradnya Pramita, Jakarta.

Tossin Apandi, 2003, Staf Pengajar Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian

Downloads

Published

2020-01-29