ANALISIS VARIABLE VALVE TIMING – INTELLIGENT DENGAN NON-VARIABLE VALVE TIMING – INTELLIGENT TERHADAP DEBIT BAHAN BAKAR DI INJEKTOR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2023.16.2.2846

Abstract

Mekanisme katup adalah sistem yang berfungsi untuk pengaturan bukaan dan tutup katup pada motor pembakaran dalam, semakin baik mekanisme katup tersebut maka debit injector bahan bakar dapat dioptimalkan. Agar ditemukan berapa debit bahan bakar di injektor dan laju alirannya pada mekanisme katup variable valve timing – intelligent dengan non-variable valve timing – intelligent dapat dilakukan pemeriksaan dan hitungan tegangan injektor dan arus listrik injektor pada mesin tersebut. Dari hasil penelitian, mesin yang menggunakan teknologi variable valve timing – intelligent, debit maksimum di injektor 3,26 cm3 dan laju aliran maksimumnya 178,80 m/s,pada tegangan maksimum 5 V dan Arus diinjektor  2,08 A dan pada mesin yang menggunakan non-variable valve timing – intelligent debit maksimum diinjektor 3,86 cm3 pada laju alirannya maksimum di injektor  211,71 m/s, dan tegangan maksimum 5 V dan Arus diinjektor 4,67 A. Besar kecilnya tegangan, Arus listrik di injektor berpengaruh terhadap debit dan laju aliran di injector.

References

PT Hyundai. Engine Mechanical 1 Textbook. 2003. 1–160 P.

Siregar Fm. Skripsi Motor Bakar. 2009;90.

PT Toyota. Perkembangan Teknologi Otomotif. In: Toyota. 2020. P. 1–63.

Indonesia U, Yoshia F, Teknik F, Studi P, Mesin T. Katup Terhadap Kinerja Motor Bakar Otto. 2012;

PT Astra Daihatsu. Teknologi Dohc + Vvt- I. 2006. 1–13 P.

B, Prasetyo I, Saputro Y, Et Al. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Comparison Of Fuel Efficiency And Exhaust Emissions For Vehicles With Vvt-I Technology With Dual Vvt-I. 2021;9(1):42–9.

Andy Yk. Identifikasi Sistem Vvt-I Kijang Innova. Universitas Negeri Semarang; 2015.

Wahyu M. Rekayasa Uji Konsumsi Biogasoline Kendaraan Vvt-I Dan Dual Vvt-I. Semin Nas Teknol Terap [Internet]. 2019 Aug 27 [Cited 2022 Oct 24];5(1):56–63. Available From: Https://Prosiding.Polinema.Ac.Id/Sngbr/Index.Php/Sntt/Article/View/262

Joko P. Tampilan Perbedaan Pengaruh Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektrik Dengan Dan Tanpa Dilengkapi Sistem Pengaturan Waktu Buka Tutup Katup, Terhadap Peforma Mesin, Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang. presisi [Internet]. 2020 [cited 2022 Oct 24];22(01):10–7. Available from: https://ejournal.istn.ac.id/index.php/presisi/article/view/738/543

Sitorus TB. Tinjauan Teoritis Performansi Mesin Berteknologi VVT-i. J Din. 2009;I(5):19–29.

PT Toyota Motor Manufacturing. Teknologi Dual VVT-i Toyota | News & Updatefrom: https://www.toyota.co.id/news-and-update/toyotas-dual-vvti-technology?lang=id

Yusuf Kurniawan, Andy. Identifikasi Sistem VVT-i Kijang Innova 1TR- FE Tugas Akhir. 2015.Universitas Negeri Semarang

Alam Y, Paryono P, Mustaman M. Pengaruh Variasi Tekanan Penyemprotan Dengan Penambahan Putaran Ulir Nosel Terhadap Konsumsi Bahan Bakar, Daya Mesin Dan Kepekatan Gas Buang Pada Isuzu Panther Hi Grade. J Tek Mesin. 2015;23(1):77–87.

Patel.katalog komponen VVT-I . 2017;9–25. PT. KEMPART.

SUBAGYO, RACHMAT. Mekanika Fluida [ Universitas Lambung Mangkurat. 2018. 1–50

Mayssara A. Abo Hassanin Supervised A. Rangkaian Dasar Listrik. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. 2014.

Published

2023-10-31