PENGARUH SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA DI UNIT REKAM MEDIS DAN ADMINISTRASI KLAIM

Authors

  • Indriyanti Yuda Sutyono Universitas Islam Bandung
  • Sri Suwarsi Universitas Islam Bandung
  • Dadang Kusnadi Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2024.17.1.2875

Keywords:

Sistem Informasi Rumah Sakit, Efektivitas Kerja, Unit Rekam Medis dan Administrasi Klaim RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem informasi rumah sakit dengan integrasi aplikasi Eclaim di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, efektivitas kerja di Unit Rekam Medis dan Administrasi Klaim RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, dan besar pengaruh sistem informasi rumah sakit terhadap efektivitas kerja di Unit Rekam Medis dan Administrasi Klaim RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Dari hasil penelitian didapatkan gambaran sistem informasi rumah sakit dengan integrasi aplikasi Eclaim di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya dari kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan dan kepuasan pengguna sudah berjalan dengan baik, efektivitas kerja di Unit Rekam Medis dan Administrasi Klaim RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya dalam kategori baik sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi rumah sakit berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap terhadap efektivitas kerja di Unit Rekam Medis dan Administrasi Klaim RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya.

References

Indonesia PR. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta Pemerintah Pus. 2012;

INDONESIA PR. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. 2009;

Adam M. Efektivitas Sistem Informasi Pelayanan Pada Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum DaerahDr. Haryoto Kabupaten Lumajang). Universitas Brawijaya; 2018.

Sulistiowati E, Yunianto A, Idaiani S. Pengelolaan Dan Pemanfaatan Data Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) Di Puskesmas. Bul Penelit Sist Kesehat. 2020;23(4):256–66.

Sari TP, Asfawi S. Analisa Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Klaim Rumah Sakit Kepada BPJS Kesehatan Di RSUD Tugurejo Semarang. Online),(eprints din us ac id/21382, diakses 28 Oktober 2021). 2016;

Alpriany AS. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dalam Meningkatkan Pelayanan dan Kinerja Rumah Sakit.[Internet]. 2011 [diakses 15 Januari 2014]. Avaliable from http//www google com/shally student mb ipb ac id.

Sekaran U. Metodologi penelitian untuk bisnis. Edisi; 2006.

Simamora RE. Inspirasi Siswa dalam Belajar Matematika; Studi Kasus Pengalaman Mahasiswa Calon Guru Matematika. J Pendidik Mat Raflesia. 2021;6(3):82–103.

Alvianitasari EF, Jati SP, Fatmasari EY. Evaluasi Pelaksanaan Sistem Verifikasi di Kantor (Vedika) BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum William Booth Semarang. J Kesehat Masy. 2018;6(4):10–7.

Pratiwi RB. Analisis Ketidaklengkapan Berkas Klaim Pasien Rawat Inap Peserta JKN di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. Universitas Jenderal Soedirman; 2019.

Published

2024-04-30