PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK KOPI DJAMUDJU ROAST BEAN BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING

Penulis

  • Ahmad Munandar Universitas Sangga Buana
  • Muhamad Fahrulrozi Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2024.17.2.3019

Kata Kunci:

Kopi, Kemasan, Kansei engineering, Analisis faktor, Analisis konjoin

Abstrak

Industri kopi dalam negeri cukup beragam, mulai dari industri skala kecil hingga pasar kopi internasional. Salah satu UMKM penghasil olahan kopi di kota Bandung yaitu Djamudju Roast Bean. Permasalahan yang terjadi pada usaha kopi tersebut yaitu terjadinya penurunan penjualan dan beberapa kekurangan penilaian konsumen mengenai kualitas dan tampilan kemasan kopi. Strategi pengembangan produk yang dapat dilakukan yaitu dengan cara pengembangan kemasan primer. Oleh karena itu diperlukan pengembangan desain kemasan produk sesuai dengan preferensi konsumen. Tujuan yang dicapai yaitu menghasilkan rancangan desain kemasan kopi sesuai dengan preferensi konsumen menggunakan metode Kansei Engineering. Penerapan Metode Kansei Engineering, menggunakan 20 Kata Kansei dengan 5 elemen desain kemasan (bahan, label, bentuk, warna, dan aksesoris). Kuseioner diberikan kepada 67 responden untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap kemasan kopi Djamudju Roast Bean dan 16 sampel kemasan kopi sejenis. Analisis konjoin dilakukan untuk mengetahui hubungan antara 20 kata Kansei dengan 5 elemen desain kemasan kopi (bahan, label, bentuk, warna, dan aksesoris). Berdasarkan hasil yang didapat, rancangan kombinasi kemasan kopi yang sesuai dengan preferensi konsumen berdasarakan 20 kata Kansei yaitu kemasan dengan bahan alumunium foil, dengan label digital printing, bentuk gusset pouch, banyak warna dan aksesoris zipper lock. Diharapkan dari rancangan kemasan baru berdasarkan preferensi konsumen, produk tersebut mampu bersaing di pasaran secara berkelanjutan.

Referensi

Mulyati DS, Silvana RD, Aviasti A, Oemar H. Redesigning the packaging of batik fabric products using kansei engineering method (Case study: Rumah Batik Komar). IOP Conf Ser Mater Sci Eng. 2020;830(3).

Zulkarnain Z. Strategi Konsep Desain Kemasan Kopi Specialty untuk Industri Skala Mikro. J Desain. 2020;8(1):17.

Auttarapong D. Package design expert system based on relation between packaging and perception of customer. Procedia Eng [Internet]. 2012;32:307–14. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.proeng.2012.01.1272

Nagamachi, Mitsuo. Lokman AM. Designing feelings into products – Integrating Kansei Engineering Methodology in Product Development. Progr Stud Tek Ind Fak Tek Univ Tanjungpura. 2011;27–31.

Sari NP, Ardi Muzaki V, Sa L, Moch Rachka R. Perancangan Dan Pengembangan Kemasan Dengan Metode Kansei Engineering. Pros Semin Nas Tetamekraf. 2021;1(1):52–9.

Nagamachi M. Kansei/Affective Engginering. 1st Editio. Boca Raton: CRC Press; 2010. 334 p.

Syamsuryadin S, Wahyuniati CFS. Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi). 2017;13(1):53–9.

Purwanto. AF jurnal 1_2. Anal Fakt Konsep, Prosedur Uji dan Interpret. 2004;(12):153–69.

Wulandari S, Sari FM, Padang UN. Penerapan Analisis Konjoin Untuk Menentukan Preferensi Masyarakat Kota Padang Terhadap Penggunaan Jasa Ojek Online Tahun 2019. Statistika. 2019;7(2):124–32.

Donida DAH, Prastawa H, Mahacandra M. Perancangan Desain Kemasan Produk Carica dengan Konsep Kansei Engineering dan Model Kano. Ind Eng Online J [Internet]. 2019;8(2):1–13. Available from: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/23753

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2024