Rancang Bangun Pengatur Suhu Kandang Ayam Otomatis Untuk Perternakan Ayam Skala Kecil

Authors

  • Nina Lestari Universitas Sangga Buana
  • Ketut Abimanyu Munastha Universitas Sangga Buana
  • Iqra Hadi Setyo
  • Deden Hadian

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2020.13.1.307

Abstract

Ayam ternak yang dipengaruhi oleh suhu lingkungan dalam pertumbuhannya disebut ayam broiler. Pengaturan suhu kandang perlu dilakukan untuk menghindari ketidaksesuaian suhu kandang yang dapat mengakibatkan kematian karena turunnya produktivitas pada ayam. Pengendali utama dalam sistem ini menggunakan mikrokontroler ATmega 328, sensor suhu kandang diukur dengan LM35, dan switch kipas/blower dan lampu pijar diatur dengan Relay. Jika suhu yang terukur diatas 290C, relay akan diperintahkan oleh mikrokontroler untuk menyalakan atau mematikan kipas/blower dan jika suhu yang terukur dibawah 260C, relay akan diperintahkan untuk menyalakan atau mematikan lampu pijar. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kesuksesan alat sistem pengaturan suhu otomatis ini dalam bekerja untuk mengatur suhu kandang ayam secara otomatis adalah sebesar 99.73 % dan error 0.27%.

References

Kemenristek, “Budidaya Ayam Ras Pedaging,” TTG Budid. Peternak., 2000.

Pengantar Peternakan di Daerah tropis, “Pengantar Peternakan di Daerah tropis,” in Gajah Mada University Press,Yogyakarta, 2003.

R. K. Sebayang, O. Zebua, and N. Soedjarwanto, “Perancangan Sistem Pengaturan Suhu Kandang Ayam Berbasis Mikrokontroler,” JITET J. Inform. Dan Tek. Elektro Terap., 2016.

B. S. Ivany Sarief, Wulandari Pancadasa Merdeka Putri, “Perancangan Dan Realisasi Purwarupa Sistem Monitoring Area Parkir Mobil Dengan Menggunakan Ultrasonik dan Light Dependent Resistor,” Infotronik J. Teknol. Inf. dan Elektron., 2018.

S. Hazami, S. Hardienata, and M. I. Suriansyah, “Model Pengatur Suhu Dan Kelembaban Kandang Ayam Broiler Menggunakan Mikrokontroler ATMega328 Dan Sensor DHT11,” Univ. Pakuan, 2016.

A. B. Laksono, “Rancang Bangun Sistem Pemberi Pakan Ayam Serta Monitoring Suhu dan Kelembaban Kandang Berbasis Atmega328,” J. Elektro, 2017, doi: 10.30736/je.v2i2.86.

A. Triyanto and N. Nurwijayanti, “Pengatur Suhu dan Kelembapan Otomatis Pada Budidaya Jamur Tiram Menggunakan Mikrokontroler ATMega16,” J. Kaji. Tek. Elektro Univ. Suryadarma Jakarta, 2016.

Downloads

Published

2020-04-23