ANALISIS PERAWATAN MESIN DRINKING WATER DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)

Penulis

  • Fadhal Siraj Achmad Universitas Sangga Buana
  • Agus Solehudin Universitas Sangga Buana
  • Cecep Deni Mulyadi Universitas Sangga Buana
  • Mohamad Agus Fhaizal Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2024.17.2.3746

Kata Kunci:

Mesin Drinking Water, Reliability Centered Maintenance, Lifetime

Abstrak

Perusahaan tempat penulis saat ini bekerja adalah di PT Angkasa Pura Solusi anak perusahaan dari PT Angkasa Pura II (Persero) cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta, penulis berada pada unit dinas Water Treatment yaitu sebagai senior teknisi. Unit ini bertanggung jawab dalam pengoperasian, pemeliharaan, dan perbaikan peralatan distribusi air bersih ke terminal dan gedung-gedung di Bandara Soekarno-Hatta serta mengatasi gangguan, memperbaiki, mengganti, dan merawat peralatan tersebut di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sesuai dengan peraturan yang berlaku. Salah satu tanggung jawab adalah maintenance alat mesin Drinking Water, untuk kondisi saat ini maintenance alat mesin Drinking Water hanya dilakukan apabila terdapat pengaduan masalah melalui telepon. Untuk maintenance yang bersifat terjadwal atau terencana sudah dilakukan namun masih belum efektif. Akibat yang ditimbulkan adalah alat mengalami singkatnya lifetime pada komponen pendukung alat mesin Drinking Water yang membuat alat tersebut tidak dapat beroperasi dengan seharusya dan berujung terhadap pembengkakan anggaran karena harus terus mengganti komponen sparepart yang rusak agar alat dapat beroperasi maksimal diangka performance diatas 90%, selain itu juga dampak yang ditimbulkan berupa downtime operasional alat akibat kurangnya persiapan ketika alat mesin Drinking Water harus di perbaiki. Untuk itu penulis membuat analisa perawatan alat mesin Drinking Water dengan metode Reliability Centered Maintenance (RCM), dari metode tersebut nanti akan diketahui komponen-komponen apa saja pada alat mesin Drinking Water yang sering mengalami kerusakan atau kegagalan fungsi.

Referensi

Hidayat Ar, Ir H Muhammad Nursahid M, Senja Rum Harnaeni S. Evaluasi Perbandingan Biaya Dan Metode Pelaksanaan Kontruksi Pada Pekerjaan Peningkatan Jalan Perkerasan Kaku Dengan Perkerasan Lentur Studi Kasus: Overlay Jalan Bade Batangan Tahap Iii Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2015.

Ansori N, Mustajib Mi. Sistem Perawatan Terpadu. Yogyakarta Graha Ilmu. 2013;24–32.

Aprilla Ya. Rancangan Maintenance Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (Rcm) Meter Air Prabayar Dan Analog Untuk Terminal 2 Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Universitas Mercu Buana Jakarta; 2018.

Desilva Fj. Activated Carbon Filtration. Water Qual Prod. 2000;16.

Fiore J V, Babineau Ra. Effect Of An Activated Carbon Filter On The Microbial Quality Of Water. Appl Environ Microbiol. 1977;34(5):541–6.

Latipah N. Metode Penelitian Psikologi. Penerbit Deepublish; 2014.

Abdillah La, Sufyati Hs, Muniarty P, Nanda I, Retnandari Sd, Wulandari W, Et Al. Metode Penelitian Dan Analisis Data Comprehensive. Vol. 1. Penerbit Insania; 2021.

Prabowo M, Ihsan T. Penerapan Metode Reliability Centered Maintenance (Rcm) Untuk Mengoptimalkan Waktu C-Check Casa 212-400 I. J Ilm Tek Dan Manaj Ind. 2023;3(2):1639–50.

Rasindyo Mr, Leksananto K, Helianty Y. Analisis Kebijakan Perawatan Mesin Cincinnati Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance Di Pt. Dirgantara Indonesia. Reka Integr. 2015;3(1).

Prayudi A. Analisis Kegiatan Maintenance Pada Mesin Toshiba Bmc–100 (5) E Untuk Penentuan Part Kritis Dengan Pendekatan Reliability Centered Maintenance (Rcm)(Studi Kasus Di Pt. Dirgantara Indonesia Persero, Bandung). 2012;

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2024