PENINGKATAN LAYANAN PENEMPATAN KERJA MELALUI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN METODE PROTOTIPE SIRP
DOI:
https://doi.org/10.32897/techno.2024.17.2.3826Kata Kunci:
Customer Relationship Management, Sistem Informasi Manajemen, Model Prototipe, Penempatan Kerja, Perguran Tinggi VokasiAbstrak
Berkembanganya teknologi informasi memberikan kemudahan akses informasi kepada pelanggan sehingga dibutuhan kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan. maka dari itu diperlukan Customer Relationship Management (CRM) berbasis teknologi sebagai tata kelola pelanggan yang baik. Politeknik LP3I salahsatu perguruan tinggi vokasi yang berkolaborasi dengan banyak mitra industri perusahaan lokal dan nasional yang sedang berupaya meningkatkan layanan penempatan kerja lulusan dan pemenuhan SDM mitra relasi perusahaan. namun permasalahannya dalam pengelolaan banyak pelanggan mitra relasi perusahaan dan lulusan, bentuk kepercayaan yang selama ini dijalankan tidak didukung oleh sistem informasi yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu Perancangan dan implementasi CRM melalui Sistem Informasi Relasi Perusahaan (SiRP) untuk meningkatkan layanan penempatan kerja lulusan politeknik LP3I sebagai perguruan tinggi vokasi. Metode perancangan sistem CRM ini menggunakan metode prototipe Sistem Informasi Relasi Perusahaan (SiRP), Metode ini memakai alat bantu pemodelan yaitu Unified Modeling Language (UML). Perancangan dan penerapan CRM aplikasi website model prototipe SiRP dilakukan dengan 4 tahap dimana pada tahap communication, aplikasi SiRP dirancang dengan UML dan system ini merancang model sebuah system dalam bentuk activity diagram, use case diagram dan sequence diagram. selanjutnya pada tahap Quick Plan and Modeling Quick Design sebagai implementasi dari sistem dirancang untuk pembuatan user interface. Tahapan selanjutnya adalah Construction of Prototype dan Deployment Delivery & Feedback yakni tahapan akhir untuk melakukan pengkodean secara menyeluruh serta melakukan testing sebagai tahap akhir metode prototipe pressman ini. hasil pengujian blackbox menghasilkan 100% dapat digunakan setiap modulnya.
Referensi
Fauzi A, Harli E. JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi I Nformasi) Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM Dengan Metode RAD. 2017; Available From: Http://Jurnal.Iaii.Or.Id
Rusmanto. Manajemen Hubungan Pelanggan, Teori Dan Implementasi Dengan Aplikasi Web Dan Media Sosial. Suhendi, Editor. Nurul Fikri Press; 2020. 9–10 P.
Dadan Suhendar A. Pengaruh Kompensasi, Kepuasan Kerja Dan Retensi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Bank Bjb Tbk. Cabang Tasikmalaya) [Internet]. Vol. 7. 2021. Available From: Www.Kinerjabank.Com
Kusmanto. Pengaruh Promosi Dan Index Prestasi Terhadap Penempatan Kerja Serta Dampaknya Pada Penerimaan Mahasiswa Baru Di Politeknik Lp3i. 2018.
Kusmawan U. Approach Heightening 21st Century Learning Skills In Distance Education. Available From: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/299447376
Hisprastin Y, Musfiroh I. Ishikawa Diagram Dan Failure Mode Effect Analysis (FMEA) Sebagai Metode Yang Sering Digunakan Dalam Manajemen Risiko Mutu Di Industri. Majalah Farmasetika. 2020 Oct 21;6(1):1.
Program MO, Sarjana S, Administrasi T, Jurusan B, Niaga A. Customer Relationship Management, Sebuah Bentuk Komunikasi
Perusahaan Untuk Menjaga Kelestarian Pelanggan. Vol. 1, Applied Business And Administration Journal.
Hendrawati E, Gede Juanamasta I, Made Nopita Wati N, Wahyuni W, Pramudianti M, Susantinah Wisnujati N, Et Al. The Role Of Customer Service Through Customer Relationship Management (CRM) To Increase Customer Loyalty And Good Image. Article In International Journal Of Scientific & Technology Research [Internet]. 2019;8(10). Available From: Www.Ijstr.Org
Mulyono H. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Muthmainnah [Internet]. Vol. 4, Jurnal Manajemen Sistem Informasi. 2019. Available From: Http://Www.Muthmainnahjambi.Sch.Id,
Mulia Indah Sari Sam R, Asria S, Edeth Fuari Anatasya A, Informasi S, Komputer I, Handayani Makassar U. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pada Toko Yayyshop.
Muhammad F, Fitri I, Nuraini R. Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Sistem Informasi Pemasaran Dengan Menggunakan Framework React.JS Berbasis Website. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi). 2022 Jan 1;6(1):93–101.
Penelitian L, Pembelajaran P, Kepada Masyarakat P, Subyantoro E, Dwi Putra S, Negeri Lampung P, Et Al. SEMNAS IIB Darmajaya Pemodelan Customer Relationship Management (Crm) Perguruan Tinggi Politeknik. 2017;
Moleong LJ. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.; 2005.
Maulana H, Kasmawi K, Enda D. Buku Penghubung Berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi. 2020 Dec 20;6(3).
Marconi F. Jurnal Desain Komunikasi Kreatif Implementasi Metode Customer Relationship Management Dalam Pemesanan Dan Promosi Aneka Perabot Berbasis Web. 2021;
Rivanthio TR. Perancangan Website E-Commerce Rikas Collection. Tematik [Internet]. 2020 [Cited 2023 Dec 24];7 No.2:186–95. Available From: Https://Jurnal.Plb.Ac.Id/Index.Php/Tematik/Article/View/485
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 TECHNO-SOCIO EKONOMIKA
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya tersebut dengan pengakuan atas kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.