MAKNA AUTOIMUN BAGI PEREMPUAN SEBAGAI KONTEN KREATOR PADA TIKTOK @CANTIK2AUTOIMUN
DOI:
https://doi.org/10.32897/techno.2024.17.2.3834Kata Kunci:
penyakit autoimun, pengalaman, representasi, tiktokAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana konten kreator TikTok @cantik2autoimun merepresentasikan pengalaman hidup perempuan dengan penyakit autoimun serta pembentukan makna penyakit ini melalui interaksi sosial di TikTok. Dengan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi, penelitian ini menggunakan empat informan yang dipilih berdasarkan keterlibatan aktif mereka dalam pembuatan konten autoimun di platform tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam serta analisis dokumen dan konten media sosial. Keabsahan data dijaga melalui triangulasi sumber dan teknik diskusi dengan rekan sejawat, yang membantu memastikan konsistensi dalam interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui TikTok, para konten kreator mampu menyoroti tema penerimaan diri, edukasi penyakit autoimun, serta stigma sosial yang dialami para penyintas. Interaksi dengan pengikut memperlihatkan pergeseran pemahaman masyarakat tentang autoimun, meskipun terdapat risiko terkait fenomena self-diagnosis. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai peran media sosial dalam membentuk makna penyakit kronis dan memberikan dukungan emosional serta edukasi bagi masyarakat.
Referensi
Waluyo S, Marhaendra B. Penyakit-Penyakit Autoimun: Tidak Menular Tapi Bisa Mematikan. 2014. P. 2–3.
Benedict A, Azzahra A, Nilam F Hia Dan F. Psikoedukasi Peningkatan Kesehatan Mental Pada Remaja Dengan Autoimun (Komunitas Odai). 2021;1277–82.
Candrasari S, Kurniasari N. Strategi Komunikasi Kampanye Kesehatan Marisza Cardoba Foundation (MCF) Pada Program Nasional Senyum Indonesiaku. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi [Internet]. 2021;I(2):1–15. Available From: Http://Ejournal.Amikompurwokerto.Ac.Id/Index.Php/AGUNA
Langow SS. A To Z Penyakit Rematik Autoimun. Jakarta: Elex Media Komputindo; 2022.
Toni A, Lestari R. Paradigmatis Fenomenologi Dalam Ilmu Komunikasi (Studi Konstruksi Makna Realitas Media Dan Komunikasi). Jurnal Semiotika [Internet]. 2013;7(1):1–19. Available From: Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/268047750.Pdf
Hasbiansyah O. Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian Dalam Ilmu Sosial Dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi. 2008;9(1):163–80.
Creswell JW. Penelitin Kualitatif Dan Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. In: 2nd Ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2023.
Kriyantono R. Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif Dan Kualitatif. Edisi Ke-1. Jakarta: Kencana; 2022.
Budiarko AA. Fenomenologi Mahasiswa Sebagai Entrepreneur Di Kota Pekanbaru (Teori Fenomenolgi Alfred Schutz). Skripsi Universitas Islam Riau. 2021;1–84.
Nindito S. Fenomenologi Alfred Schutz: Studi Tentang Konstruksi Makna Dan Realitas Dalam Ilmu Sosial. Jurnal ILMU KOMUNIKASI. 2005;2(1):79–95.
Mu’ammar MN. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat Volume 13, Nomor 1, Juni 2017. Analisis Fenomenologi Terhadap Makna Realita. 2017;13:120–35.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 TECHNO-SOCIO EKONOMIKA
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya tersebut dengan pengakuan atas kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.