STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA WISATA CIKOLELET

Penulis

  • Dwi Nurina Pitasari Universitas Serang Raya
  • Nurul Aulia Dewi Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2024.17.2.3847

Kata Kunci:

Strategi komunikasi, Komunikasi Pemasaran, AIDDA, Desa Wisata Cikolelet

Abstrak

Desa Wisata Cikolelet merupakan desa wisata yang meraih dua penghargaan pada acara ADWI tahun 2021 dan pioner ndesa wisata di kabupaten Serang. Banyaknya desa wisata yang bermunculan membuat desa wisata ini harus membuat strategi komunikasi yang baik agar mampu bersaing. Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui strategi  komunikasi pemasaran  yang dilakukan oleh pengelola Desa Wisata Cikolelet  dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif  dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah case study atau studi kasus. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Pokdarwis Cikolelet dianalisis menggunakan model AIDDA. Pada tahap awareness, desa wisata ini memperkenalkan melalui media sosial untuk menarik minat wisatawan. Selanjutnya adanya rasa ketertarikan (interest) wisatawan dapat mencari informasi dan mempelajari lebih lanjut mengenai desa wisata. Kemudian setelah wisatawan tertarik, akan muncul keinginan (desire) untuk berkunjung ke desa wisata ini. Setelah adanya keinginan, maka wisatawan akan menentukan keputusan (decision) untuk berkunjung. Di tahap akhir, wisatawan akhirnya merealisasikan keputusan tersebut dengan berkunjung ke desa wisata.

Referensi

Muganda, M., Sahli,M.and Smith,K. 2010. Tourism’s contribution to poverty alleviation: a community perspective from Tanzania. Development Southern Africa. Vol 27. No 5, pp.629-646. DOI: 10.10800376835X.2010.522826.

Rozikin, M., Wismanu, R. E., & Muttaqin, A. (2019). Model collaborative governance dalam analisis pengembangan potensi pariwisata berbasis indigenous tourism. Media bina ilmiah. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.345

Triambodo, S. & D. (2015). Analisis Strategi Penguatan Kelembagaan Desa Wisata Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi di Desa Wisata Kerajinan Tenun Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, DIY). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Arti Sembiring, Vienna., Maya Sari, Ira dan Taviprawati. 2018. Pengembangan Potensi Desa Wisata Melalui Analisis SWOT DI Desa Cikolelet, Serang, Banten.

Sumiyati; Murdiyanto, Lilik. Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Panai Suwuk Kabupaten Kebumen. J Ilmiah Ilmu Komunikasi: Wacana. 2018. 17 (2); 171-`80 p.

Akbr, Rendi; dkk. Pemetaan Zonasi Potensi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Di Desa Cikolelet. Prosiding PKM-CSR. 2021. 4

Triambodo, S. & D. Analisis Strategi Penguatan Kelembagaan Desa Wisata Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi di Desa Wisata Kerajinan Tenun Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, DIY). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. 2015.

Zakaria, F. and Suprihardjo, D.‘Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan’, Teknik Pomits, 2014.3(2), pp. C245–C249. doi: 2337-3520. https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/7292

Arti Sembiring, Vienna., Maya Sari, Ira dan Taviprawati. (2018). Pengembangan Potensi Desa Wisata Melalui Analisis SWOT DI Desa Cikolelet, Serang, Banten.

Gumelar, Bagus Saifullah Agung. Pengembangan Desa Wisata Cikolelet Berbasis Mayarkat Di Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka Kab. Serang Banten. 2020.

Permadi, Nova Agustini. Strategi Pemgembangan Desa Wisata (Studi Pada Desa Wisata Cikolelet, Kec. Cinangka, Kab. Serang Banten. J Administrasi Negara. 2022. 281-291p

Moleong, Lexi J. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya. (2014)

Bungin, Burhan. Komunkasi Periwisata Tourism Communication: Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Kencana. 2017

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2024