Enterprise Architecture Planning: Manajemen Proses Belajar Mengajar SMAN 1 Baleendah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2021.14.1.581

Abstract

Proses Belajar mengajar merupakan proses penting dalam organisasi Pendidikan, sistem tersebut menjadi hal yang perlu di bantu oleh optimalisasi teknologi informasi. SMAN 1 Baleendah khususnya untuk bagian kurikulum mempunyai beberapa tugas, antara lain adalah pengelolaan data Guru dan Siswa, perencanaan informasi penjadwalan belajar mengajar dan pengelolaan penilaian Guru dan Siswa. Proses yang berjalan yang sudah memanfaatkan teknologi informasi hanya beberapa proses bisnis sehingga masih banyak proses bisnis yang belum terintergasi secara maksimal dikarenakan belum adanya blueprint perencanaan strategis sebagai panduan. Metode yang digunakan pada perancangan enterprise architecture menggunakan tahapan dari enterprise architecture planning yang bertujuan mengetahui apa saja proses yang berjalan, teknologi apa saja yang sudah digunakan, sehingga menghasilkan rancangan arsitektur data, aplikasi dan teknologi untuk menjadi rekomendasi rencana strategis pengembangan sistem informasi kedepannya. Hasil akhir yang telah didapat pada penelitian ini yang menjadi pemecahan dari masalah yang ada adalah blueprint enterprise architecture planning dan rekomendasi implementasi sistem informasi.

References

H. Hanafiah and E. Junaedi, “Perencanaan Strategis Sistem Infomasi Dan Teknologi Informasi (SI/TI) Perpustakaan Di SMA Negeri Satu Baleendah,” J. Sist. Inf. – J-SIKA, vol. 2, no. 1, 2020.

M. R. Yakub and H. H. Solihin, “Sistem Informasi Manajemen Honorarium SMAN 1 Blanakan,” @is Best Account. Inf. Syst. Inf. Technol. Bus. Enterp., vol. 5, no. 2, pp. 136–150, 2020.

H. H. Solihin, R. B. R. Sitorus, B. Subaeki, R. S. Perdana, S. Nalwin, and N. Mardiana, “Decision support system model: Assessment of lecturer performance in teaching-learning process using analytical hierarchy process method,” 2020, doi: 10.1109/TSSA51342.2020.9310839.

A.-B. Bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

H. Jogiyanto, Analisis Dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi, 2005.

L. Hakim, Prinsip-Prinsip Dasar SISTEM INFORMASI MANAJEMEN. Jambi: Timur Laut Aksara, 2019.

K. C. Laudon and J. P. Laudon, Management Information Systems, 12th ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2012.

S. H. Spewak and S. C. Hill, Enterprise architecture planning: developing a blueprint for data, applications and technology. New York: John Wiley & Sons, Inc, 1992.

K. Surendro, Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi. Bandung: Informatika, 2009.

H. H. Solihin, “Perancangan Enterprise Architecture Untuk Penerapan Manajemen Inovasi Menggunakan Zachman Framework Pada Pusat Penelitian,” in Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT) 2015, 2015, pp. A18–A26.

M. E. Porter, Competitive advantage: creating and sustaining superior performance - with a new introduction. New York: The Free Press, 1985.

Published

2021-04-30