Persepsi Masyarakat Pada Program Studi Ilmu Komunikasi

Authors

  • Dina Dianti Universitas Sangga Buana
  • Witri Cahyati Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2021.2.2.1134

Keywords:

Masyarakat, Persepsi, Program Studi Ilmu Komunikasi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan, faktor, minat dan penyebab adanya perbedaan persepsi masyarakat di Kampung Pasir Jati pada Program Studi Ilmu Komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1)Pengetahuan  masyarakat pada Program Studi Ilmu Komunikasi adalah mengetahui keberadaan program studi Ilmu Komunikasi dan menganggap Komunikasi itu penting tapi tidak cukup penting untuk dipelajari di perguruan tinggi. Masyarakat menganggap program studi Ilmu Komunikasi hanya untuk anak ekstovert, pandai berbicara dan bergaul. (2) Faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat diantaranya pendapatan ekonomi yang rendah, kerangka rujukan, stereotif dan efek halo (3)Minat masyarakat Pada Program Studi Ilmu Komunikasi tergantung passion dan minat anak, keadaan ekonomi orang tua, ataupun tidak berminat karena malas belajar. (4)Penyebab adanya perbedaan persepsi masyarakat pada Program Studi Ilmu Komunikasi adalah faktor fungsional yang berasal dari kebutuhan, pengalaman masa lalu, latar pendidikan masyarakat serta  karakteristik masyarakat yang  berbeda.

Downloads

Published

2022-01-25

Issue

Section

Desember Vol 2 No 2