Fenomena Instagram sebagai Sarana Eksistensi pada Kelompok Remaja di Kelurahan Sudimara Selatan
Main Article Content
Abstract
Remaja memiliki gaya hidup yang umumnya mengikuti perkembangan zaman dan begitu menyatu dengan media sosial. Instagram adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh remaja. Dalam media sosial Instagram remaja dapat membagikan kegiatan sehari-hari mereka dengan berbagi sebuah foto atau video. Media sosial Instagram memudahkan remaja untuk menunjukan konsep sebagai bentuk eksistensi diri. Eksistensi diri adalah usaha individu dalam mendapatkan pengakuan dari orang lain mengenai keberadaan dirinya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena mengenai remaja dalam menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana menunjukkan eksistensi dirinya dan dampak penggunaan Instagram sebagai sarana eksistensi diri pada remaja. Penggunaan metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini merupakan kelompok remaja di Kelurahan Sudimara Selatan yang aktif menggunakan Instagram.
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Astuti, Firmina. 2019. Perilaku Hate Speech pada Remaja di Media Sosial Instagram. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Annur, Cindy Mutia. (2021). Ada 91 Juta Pengguna Instagram di Indonesia, Mayoritas Usia Berapa?.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/15/ada-91-juta-pengguna-instagram-di-indonesia-mayoritas-usia-berapa. Diakses pada tanggal 6 Maret 2022.
Buanasari, Andi. (2021). Asuhan Keperawatan Sehat Jiwa pada Kelompok Usia Remaja. CV. Tohar Media: Makasar.
Hidayati, K. Bariyyah, M. Farid. (2016). Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia, 5(2), 137-144.
Iman, Mustafa. 2020. Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial.
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial. Diakses pada tanggal 6 April 2022.
Krismasakti, Bramayanti. (2019). Instagram Stories dalam Ajang Pengungkapan Eksistensi Diri (Studi Kasus Selebgram @JIHANPUTRI). Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 1-14.
Lutfiyani, Neneng Try. 2021. Instagram Stroies Sebagai Media Self Disclosure. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Mahdi, M. Ivan. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022. Diakses pada tanggal 6 Maret 2022.
Mahendra, Bimo. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal visi Komunikasi, 10 (1), 151-160.
Maulina, Elif, Bambang Kuntarto. (2015). Hubungan Jenis Kelamin, Pengaruh Teman Sebaya, Paparan Media Pornografi dengan Sikap Siswa tentang Perilaku Seks. E-Jurnal Obstretika, 1(2), Hal 39.
Mulawaman, Nurfitri. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial Beserta Implikasinya ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi.
Mustaqimmah, Nurul, Novi D. Sari. (2021). Konsep Diri Generasi Z Pengguna Aplikasi Tik Tok di Kabupaten Rokan Hulu. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Komunikasi, 9(2), 148-166.
Moleong, Lexy. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosadakarya: Bandung.
Sakti, Bulan Cahya, Much Yulianto. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. E Journal Undip, 1-12.
Sihotang, Jokobus. (2020). Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri Pada Siswa SMA Tunas Baru Jin Seung Kota Batam. Skripsi. Universitas Putera Batam.
Suherlan, Ryan. (2021). 5 Media Sosial yang Paling Banyak digunakan Tahun 2021. https://amp.kontan.co.id/news/ 5media-sosial-yang-palung-banyak-digunakan-tahun-2021. Diakses pada 7 April 2022.
Permana, Tatang Cahya. 2020. Hubungan antara Eksistensi Diri dan Kepercayaan Diri dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.