Media Sosial dan Digitalisasi di Masa Normal Baru

Authors

  • Adzan Desar Deryansyah Institute STIAMI
  • Rofian Dedi Susanto Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Rina Rachmadiani Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2022.3.1.1357

Keywords:

media sosial, digital, normal baru

Abstract

 

Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat Indonesia dikenalkan dengan beragam aplikasi media sosial yang memungkinkan penggunanya dapat memposting foto, video, dan keterangan yang menyertainya serta semua bersifat digital. Di era pandemi ini, intensitas penggunaan handphone selaras dengan intensitas penggunaan media sosial untuk hiburan, mencari informasi, hingga eksistensi diri. Pola komunikasi berubah karena kita dituntut untuk cepat beradaptasi untuk dapat mengoptimalkan media media tersebut. Uniknya hal tersebut memang selaras dengan peraturan-peraturan baru di era pandemi ini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media sosial dan digitalisasi di masa normal baru. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dimana peneliti berusaha menggali keterangan informan berdasarkan apa yang di alaminya. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa intensitas penggunakan media sosial dan digitalisasi di masa normal baru meningkat seiring dengan kebiasaan masyarakat dalam mengakses media sosial dan dunia digital. Peningkatan tersebut adalah sebuah pertanda baik namun harus diringi dengan kebijakan atau aturan-aturan khusus untuk keamanan dalam bermedia sosial dan penggunaan sistem digital.

Author Biography

Adzan Desar Deryansyah, Institute STIAMI

Adzan Desar Deryansyah, M. Ikom 

Dosen Tetap Institut STIAMI

Jurusan : Management Komunikasi  

References

Daryanto, 2004. Memahami Kerja Internet. Bandung; Yrama Widy.

Denzin dan Lincoln (ed). 1994. Hand Book of Qualitative Research. London: Sage Publication, Thousand Oaks.

Harjono. (2009). Mendayagunakan Internet. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotler, Phillip, dan Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management, Edisi 12. New York: US Press.

Kuhn, Thomas S.2002. Peran Paradigma Dalam Revolusi Sains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .

Moelong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Bunafit. 2008. Referensi Berinternet Bagi Pemula. Yogyakarta : Gradien Mediatama.

Nurudin, 2013. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Press.

Puntoadi, Danis. 2012. Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. Jakarta: PT Elex Komputindo.

Ruslan, Rosadi. 2017. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta. Rajawali Press.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. CV Alfabeta.

Supriyanto, Aji. 2008. Pengantar Teknologi Informasi. Makassar: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-06-25

Issue

Section

Juni Vol 3 No 1