Komunikasi Kelompok pada Anggota Komunitas Mobil BMW E36 dalam Mempertahankan Eksistensi

Authors

  • Oki Setiawan Akbar ars university
  • Diny Fitriawati Universitas Ardhirajasa Reswara Sanjaya (ARS University)

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2022.3.1.1398

Keywords:

Eksistensi, Komunikasi Kelompok, Komunitas BMW e36

Abstract

Komunitas mobil merupakan komunitas yang sedang sering ditemui. Komunitas juga bermanfaat untuk berbagi sesuatu informasi dan berinteraksi dengan anggota komunitas, komunitas lain, dan masyarakat. Adanya saling mengenal ini menimbulkan interaksi sosial diantara komunitas, maka dari itu diperlukannya komunikasi yang baik dari dalam anggota kelompok. Tujuan yang ingin dikaji pada penelitian ini yaitu bagaimana proses komunikasi kelompok pada komunitas Mobil Bmw e36 dalam mempertahankan eksistensi. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana komunikasi didalam anggota komunitas Bmw e36 dalam mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan berdasarkan Teori Sosiometri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi kelompok  yang dilakukan komunitas Bmw e36 adalah komunikasi secara langsung dan terbuka karena bisa lebih mempertahankan hubungan antara masing-masing anggotanya. Kesimpulan dari penelitian ini komunitas Bmw e36 menggunakan komunikasi secara langsung dan terbuka sehingga terjalin komunikasi yang efektif dan tidak adanya perbedaan persepsi pemikiran.

References

Achiruddin Hasibuan, M. (2020). Pola Komunikasi Badan Narkotika Nasional Dalam Mencegah Penyebaran Narkoba di Kota Medan. 7.

Ageng Rara Cindoswari, D. D. (2019). Peran Media Massa Terhadap Perubahan Perlilaku Remaja di Komunitas Kpopers Batam. 11.

Asep Anshorie. (2015). Peranan Komunikasi Kelompok dalam Menciptakan Keharmonisan Antar Anggota Komunitas Pengajian Barokah Sekumpul Mushola Ar-Raudah Loa Bakung Samarinda. 11.

Astri Mey Adhanni. (2017). Komunikasi Kelompok dalam Membentuk Sense of community.

Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Chandra Dwi Deshani. (2017). Fenomena Komunitas Mobil Bmw E36 di Kota Bandung.

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pasundan.

Fenny Oktavia. (2016). Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Desa Dalam Memediasi Kepentingan PT. Bukit Borneo Sejahtera dengan Masyarakat Desa Long Lunuk . 15.

Indrianti, T. (2020). Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Kedaton Induk Kecamatan Batanghari Nuban Lampung Timur. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Kusumastuti Ambar. (2014). Peran Komunitas dalam Interaksi Sosial Remaja di Komunitas Angklung Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhammad Abid Azka. (2020). Strategi Komunikasi Pimpinan Komunitas Mitshubishi (KMK) Dalam Membangun Perlikaku Keagamaan Pada Anggotanya Yang Beragama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Muhammad, R. A. (2020). Pemanfaatan Media Baru Untuk Efektifitas Komunikasi Pembelajaran dalam Masa Wabah Covid-19. 6.

Nadia Ayu Jayanti. (n.d.). Komunikasi Kelompok “Sosial Climber” Pada Kelompok Pergaulan di Surabaya Townsquare (Sutos). 12.

Noorlistyo, Achwan, D. R. E. (2016). Motif Anggota Komunitas Musik Hip Hop Run BDG Bandung. 16.

Prasanti, D. (2018). Pengguna Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan. 9.

Rahma Wira Nita, A. Z. (2017). Analisis Aplikasi Sosiometri Untuk Pengungkapan Interpersonal Skill (Solusi yang Ditawarkan Menuju Profesionalisme Guru Bk). 11.

Reza Fiezry Lubis. (n.d.). Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Musik Indie.

Downloads

Additional Files

Published

2022-06-25

Issue

Section

Juni Vol 3 No 1