Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kinerja Mengajar Dosen terhadap Keaktifan Mahasiswa pada Perkuliahan Online

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2022.3.1.1425

Keywords:

Motivasi Belajar, Kinerja Mengajar Dosen, Keaktifan Mahasiswa, Perkuliahan Online.

Abstract

Perkuliahan Online pada tingkat perguruan akibat pandemi Covid-19 memberikan dampak dan hambatan bagi mahasiswa dan dosen, khususnya berkaitan dengan penurunan kualitas pembelajaran, maka dari itu diperlukan motivasi belajar mahasiswa yang tinggi serta kinerja mengajar dosen yang baik agar mahasiswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan kinerja mengajar dosen terhadap keaktifan mahasiswa pada perkuliahan online. Jenis penelitian menggunakan paradigma kuantitatif dengan jenis deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Halim Sanusi – PUI Bandung, dengan sampel sebesar 30 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket/kuesioner secara online berupa format google form sebagai sumber data primernya dan teknis analisis datanya menggunakan analisis jalur (path analysis) secara simultan dan parsial. Hasil penelitian menyatakan bahwa motivasi belajar mahasiswa dan kinerja mengajar dosen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keaktifan mahasiswa pada perkuliahan online, selanjutnya motivasi belajar mahasiswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keaktifan mahasiswa pada perkuliahan online, serta kinerja mengajar dosen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keaktifan mahasiswa pada perkuliahan online.

Author Biography

Robby Rachman Nurdiantara, Universitas Halim Sanusi

Program Studi Ilmu Komunikasi

References

Argaheni, Niken Bayu. 2020. “Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia.” PLACENTUM. Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya 8(2).

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek / Suharsimi Arikunto. Vol. 2006. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar. 2001. Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Prenada Media Group.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marifa, Kurni, Kokom Komariah, Siti Hamidah, and Sugiyono. 2021. “Hambatan Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Pada Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana Fakultas Teknik Universitas Yogyakarta 16(1).

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Resminingsih, Endang Sri Astuti. 2010. Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah. Jilid I. Jakarta: Grasindo.

Rivai, Veithzal. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 1988. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Cetakan Ke. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

UPI, Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP. 2007. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Grasindo Intima.

Usman, Moh Uzer. 2000. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-06-25

Issue

Section

Juni Vol 3 No 1