Pola Komunikasi Guru dengan Murid di Perguruan Pencak Silat Gadjah Putih

Authors

  • Amin Amin Universitas Pasundan
  • Deden Ramdan Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2022.3.2.2184

Keywords:

Gadjah Putih, Pola Komunikasi, Guru, Murid

Abstract

Paguron Gadjah Putih memiliki 24 jurus dan 9 langkah yang wajib diajarkan kepada seluruh muridnya dari berbagai level sehingga membutuhkan pola komunikasi yang khas. Tujuan penelitian ini adalah menemukan pola komunikasi guru dengan murid di Paguron Gadjah Putih Batu Nanceb. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik mengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang yang dilakukan oleh guru ketika menyampaikan materi jurus berbeda tergantung jenis muridnya. Ketika mengajar dengan murid anak-anak guru menggunakan suara pelan Mentarara ketika mengajar murid remaja dan dewasa guru menggunakan suara yang tegas. Pada saat melakukan koreksi, guru tidak menegur langsung bahkan cenderung membiarkan jika mengajar murid anak-anak, sementara ketika mengoreksi murid remaja dan dewasa guru langsung menegurnya bahkan menegurnya dengan sapuan tangan dan kaki.

References

DeVito, J.A. (2007). The Interpersonal Communications Book, USA: Pearson Education

Djamarah, Bahri Syaiful. (2004) Pola Komunikasi: Orang Tua & Anak Dalam Keluarga, Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Effendi, O.U. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan Kesembilan Belas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hafied, C. (2002). Pengantar Ilmu Komunikasi. (C. Hafied, Ed.) Jakarta: Raja Grafindo Persada

King, L.A. (2008). The Science of Psychology. Mc. Graw Hill-International Edition.

Krisyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta:Kencana.

L. Tubbs, S, dan Moss, S. (2008). Human Communication: Prinsip-prinsip

Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Liliweri, Alo. (1997). Komunikasi antar Pribadi. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Marhaeni, F. (2009) Ilmu Komunikasi: Teori & Praktik, Yogyakarta: Graha Ilmu, Hal 32-33

Moloeng, L.J. (2009). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rossdakarya.

Nasution, S. (1996). Metode penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung:Tarsito

Rakhmat, J. (1998). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyanto, B. dan Sutinah. (2011). Metode Penelitian Sosial berbagai Alternatif Pendekatan, Edisi Revisi. Jakarta. Kencana.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Desember Vol 3 No 2