Pembuatan Virtual Tour Video 360 Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Authors

  • Muhammad Hikmatyar Al-Ghiffari universitas sanggabuana YPKP Bandung
  • Tanto Trisno Mulyono Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2023.4.2.2955

Keywords:

Produksi, konten, video 360, museum, feature

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memproduksi konten berita fitur berbasis virtual reality, khususnya pembuatan video virtual tour 360° di Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara informan kunci, dan dokumentasi. Analisis data melibatkan reduksi, penyajian, dan verifikasi data, serta memastikan keabsahan data dengan ketekunan, triangulasi, dan referensi. Hasil penelitian mengungkapkan tahap-tahap produksi konten, termasuk pra-produksi yang melibatkan observasi, wawancara, dan persiapan peralatan, produksi yang mencakup pencahayaan dan pengambilan gambar, pasca-produksi dengan proses pengeditan gambar dan suara, serta hambatan produksi seperti kurangnya pencahayaan dan masalah stop kontak yang tidak berfungsi di dalam museum. Penelitian ini melibatkan koordinator tour guide museum sebagai informan kunci, dan kontennya dipublikasikan di media sosial YouTube serta dapat dinikmati melalui headset virtual reality.

References

Binanto, Iwan (2010). Multimedia Digital – Dasar Teori Dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Fachruddin, Andi. (2017). Dasar-Dasar Produksi Televisi, Jakarta: Prenadamedia Group.

Kotler, N. G., Kotler, P., & Kotler, W. I. (2008). Museum Marketing And Strategy: Designing Missions, Building Audiences, Generating

Revenue And Resources. John Wiley & Sons, Inc.

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

F Bailly,B Mcclendon, (2011). Virtual Tourof User-Defined Paths In A Geographic Information System. United States Patent.

X. S. Rambing, V. T. (2017). Virtual Reality Berbasis Video 360 Derajat Pada Tari-Tarian Adat Suku Minahasa. J. Tek. Inform.

Mayasari, S., Indraswari, C., Komunikasi Bsi Jakarta, A., & Sitasi, C. (2018). Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Publikasi Hut Museum Nasional Indonesia (Mni) Kepada Masyarakat. 9(2), 190–196. Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Jkom

Osman, A., Wahab, N. A., & Ismail, M. H. (2009). Development And Evaluation Of An Interactive 360 ° Virtual Tour For Tourist Destinations. Dalam Jiti Journal Of Information Technology Impact (Vol. 9, Nomor 3). Www.Rice.Edu/Virtualtours/.

Widiyawati, R., Komunikasi, J. I., Konsentrasi, ±, & Komunikasi, M. (T.T.). 2´´Radio 2´´Radio Republik Indonesia Pro 1 Pekanbaru Dalam Pemberdayaan Masyarakat Kota Pekanbaru. Dalam Jom Fisip (Vol. 4, Nomor 2).

Published

2023-12-23

Issue

Section

Juni Vol 4 No 1