Pemanfaatan Tiktok oleh Gen-Z sebagai Platform Edukasi melalui Konten Tiktok Edukasi
Main Article Content
Abstract
Kurangnya literasi media sosial menjadi masalah dalam proses digitalisasi dan TikTok memberikan ruang pemanfaatan digitalisasi melalui TikTok Edukasi. Judul Pemanfaatan TikTok oleh Gen Z Sebagai Platform Pendidikan Melalui Konten TikTok Pendidikan dilakukan menggunakan metode kualitatif yang mendeskripsikan dengan menjabarkan fenomena di mana peneliti melakukan observasi langsung dan berinteraksi langsung dengan informasi yang disampaikan langsung dengan fenomena yang diteliti. Peneliti melakukan Observasi dan wawancara tentang fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara yang dilakukan secara semi-terstruktur dengan pertanyaan terkait fenomena sebagai inti dalam penelitian ini Hasil penelitian menyatakan perkembangan komunikasi dalam kekinian bukan hanya pada platform baru saja tetapi juga meningkatkan konten kontennya, mengubah wawasan dan tingkat interaksi pengguna sehingga memberikan keberanian yang besar.
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Effendy, O. U. (1993). Ilmu Komunikasi :Teori dan Praktek. Rosdakarya.
Fitriani, S. (2011). Promosi Kesehatan. Graha Ilmu.
Moelong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Ruslan, R. (2017). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Rajawali Press.
Salim, A. (2002). Perubahan Sosial Sketsa Teori dan Refleksi Metodologi Kasus Indonesia. Tiara Wacana Yogya.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.