Pemanfaatan Tiktok oleh Gen-Z sebagai Platform Edukasi melalui Konten Tiktok Edukasi

Authors

  • Adzan Desar Deryansyah Institute STIAMI
  • Rina Rachmadani Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Synthia Sumartini Putri Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2023.4.2.2965

Keywords:

Media Sosial, Konten, Edukasi, Tiktok, Digital

Abstract

Kurangnya literasi media sosial menjadi masalah dalam proses digitalisasi dan TikTok memberikan ruang pemanfaatan digitalisasi melalui TikTok Edukasi. Judul Pemanfaatan TikTok oleh Gen Z Sebagai Platform Pendidikan Melalui Konten TikTok Pendidikan dilakukan menggunakan metode kualitatif yang mendeskripsikan dengan menjabarkan fenomena di mana peneliti melakukan observasi langsung dan berinteraksi langsung dengan informasi yang disampaikan langsung dengan fenomena yang diteliti. Peneliti melakukan Observasi dan wawancara tentang fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara yang dilakukan secara semi-terstruktur dengan pertanyaan terkait fenomena sebagai inti dalam penelitian ini Hasil penelitian menyatakan perkembangan komunikasi dalam kekinian bukan hanya pada platform baru saja tetapi juga meningkatkan konten kontennya, mengubah wawasan dan tingkat interaksi pengguna sehingga memberikan keberanian yang besar.

Author Biography

Adzan Desar Deryansyah, Institute STIAMI

Adzan Desar Deryansyah, M. Ikom 

Dosen Tetap Institut STIAMI

Jurusan : Management Komunikasi  

References

Effendy, O. U. (1993). Ilmu Komunikasi :Teori dan Praktek. Rosdakarya.

Fitriani, S. (2011). Promosi Kesehatan. Graha Ilmu.

Moelong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Ruslan, R. (2017). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Rajawali Press.

Salim, A. (2002). Perubahan Sosial Sketsa Teori dan Refleksi Metodologi Kasus Indonesia. Tiara Wacana Yogya.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.

Published

2023-12-23

Issue

Section

Juni Vol 4 No 1