Citra Politik Ganjar Pranowo di Youtube Podkaesang Depan Pintu: Analisis Semiotika John Fiske

Authors

  • Muhammad Almuntaqi Dewangga Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Rhesa Zuhriya Briyan Pratiwi Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2023.4.2.3065

Keywords:

citra politik, ganjar pranowo, petugas partai, media baru,

Abstract

Dengan perkembangan media baru yang cepat, tokoh politik menciptakan citra politik yang lebih baik. Studi ini bertujuan untuk meneliti perspektif politik Ganjar Pranowo sebagai petugas partai berdasarkan konten YouTube Podkaesang Depan Pintu (PDP) episode 23. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi digital, dokumentasi, wawancara, dan studi literatur, serta teori deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika John Fiske. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo menggunakan media YouTube Kaesang Pangarep untuk meningkatkan citra politiknya. Dalam tayangan tersebut, Ganjar menunjukkan dirinya sebagai tokoh dan kader partai politik PDI Perjuangan (PDIP) daripada sebagai Gubernur Jawa Tengah. Selain itu, sebagai identitas politiknya, Ganjar Pranowo menggunakan istilah yang mudah diingat oleh masyarakat. Hasilnya, Ganjar Pranowo menggambarkan dirinya sebagai kader partai PDIP melalui bahasa verbal, yaitu membangun narasi dan gaya komunikasi dalam tayangan PDP. Selain itu, dia menunjukkan ideologinya secara nonverbal melalui pakaiannya, ekspresinya, dan gestur.

References

Ahyar, H., & Sukmana, D. J. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. https://www.researchgate.net/publication/340021548

Alayya, J. (2023). Strategi Populisme “Wong Cilik” Ganjar Pranowo Dalam Twitter Untuk Mengelola Citra Positif. Jurnal Komunikasi Profesional, 7, 354–368. http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp

Ali, D. J. (2015). Bahan Rilis Surnas LSI_Temuan Survei Tgl 10-18 Jan 2015_Parpol_di_Mata_Publik (1). https://www.lsi.or.id/post/partai-politik-di-mata-publik

Alvin, S. (2019). Manajemen Citra Politik Prabowo Subianto Dan Sandiaga Uno Melalui Akun @Prabowo Dan @Sandiuno. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(2). https://doi.org/10.24090/komunika.v13i2.2538

Fatimah, S. (2018). Kampanye sebagai Komunikasi Politik: Esensi dan Strategi dalam Pemilu. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 1(1). https://doi.org/10.32699/resolusi.v1i1.154

Fauziah, D., Puspita, R., & Nurhayati, I. K. (2018). Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Realitas Bias Gender Pada Iklan Kisah Ramadhan Line Versi Adzan Ayah. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 2(2), 157–171.

Hadi, S. (2010). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17.

Hamad, I. (2004). Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa: Sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-Berita Politik. Granit.

Handayani, A. P. (2021). Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Kampanye Pemilu Presiden 2019 Jokowi-Ma’ruf Amin di Televisi. Jurnal Semiotika, 15(1). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/2

Hiplunudin, A. (2017). Politik Era Digital. Calpulis.

Indrayani, I. I. (2009). Media dan Politik Citra Dalam Politik Indonesia Komtemporer. Jurnal Ilmiah Scriptura, 3(2), 129–139. www.strike-the-root.com/4/

Labolo, M. (2023). Petugas Partai vs Petugas Rakyat. https://jakarta.ipdn.ac.id/?p=1912

Moelong, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (38th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Musyaffa, A., & Romadlan, S. (2023). Citra Ganjar Pranowo dalam Konflik Desa Wadas Di Media Online. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 15(1), 98–117.

Nazirudin, S. (2021). Petugas Partai: Dilema Antara Menjadi Representasi Rakyat atau Representasi Partai [Universitas Gajah Mada]. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/199322

Pah, T., & Darmastuti, R. (2019). Analisis Semiotika John Fiske Dalam Tayangan Lentera Indonesia Episode Membina Potensi Para Penerus Bangsa di Kepulauan Sula. Communicare: Journal of Communication Studies, 6(1).

Pangesti, A. W., Azhar, M. A., & Mahaswari, S. M. (2019). Perubahan Loyalitas Elit Partai Politik (Studi: Peprindahan Elit Parpol Golkar dan Nasdem Pada Pileg 2019 di kota Denpasar). Neliti: Jurnal Politik Udayana.

Panuju, R. (2023). Podcast Politik Indonesia: Upaya Mencari Calon Presiden Indonesia 2024. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(1), 53–66. https://doi.org/10.33366/jkn.v%vi%i.222

Pradana, G., & Utomo, A. P. Y. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Dalam Cuitan Akun Twitter Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3.

Putra, O. D., Sufa, S. A., & Ratnasari, E. (2022). Political Branding Ganjar Pranowo Melalui Media Sosial Instagram @ganjar_pranowo. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Adminitrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 8. https://doi.org/10.33084/restorica.v8i2

Rahmah, S. (2021). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1). https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5584

Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi (3rd ed., Vol. 3). PT Remaja Rosdakarya.

Utami, P. (2013, August 23). Ganjar-Heru Dilantik Pagi Ini. Kompas.Com.

Vera, N. (2022). Semiotika Dalam Riset Komunikasi (2nd ed.). Ghalia Indonesia.

Vira, A., & Reynata, E. (2022). Penerapan YouTube Sebagai Media Baru Dalam Komunikasi Massa. Komunikologi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19.

Published

2023-12-23

Issue

Section

Juni Vol 4 No 1