Implementasi Karakter Bertauhid dalam Gerakan Sosial Komunitas Perubahan Iklim

Authors

  • Robby Firliandoko Djuanda Unversity
  • Sarwititi Sarwoprasodjo IPB University
  • Amiruddin Saleh IPB University
  • Ginung Pratidina Djuanda University

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2024.5.1.3428

Keywords:

Climate change, Social movement, Tauhid Character, Community

Abstract

Bencana yang disebabkan oleh perubahan iklim merupakan bukti nyata dari masalah antara manusia dan alam yang tengah terjadi. Manusia memiliki peran dalam terjadinya perubahan iklim sehingga selain menjadi aktor juga menjadi korban. Gerakan-gerakan sosial telah dilakukan oleh komunitas untuk mengajak masyarakat beradaptasi dan melakukan tindakan mitigasi untuk mengatasi perubahan iklim. Salah satu komunitas yang aktif dalam gerakan tersebut adalah Generasi Cerdas Iklim (GCI). Penelitian ini bertujuan ingin melihat dan mengkaji implementasi gerakan sosial yang dilakukan oleh GCI melalui kaca mata karakter bertauhid. Penelitian kualitatif yang mengolah data dengan teknik komparatif konstan ini menemukan bahwa gerakan sosial komunitas perubahan iklim yang dilakukan oleh Komunitas Generasi Cerdas Iklim mengimplementasikan beberapa karakter bertauhid yakni partisipatif, kreatif, kapasitas dan local wisdom.

Author Biography

Robby Firliandoko, Djuanda Unversity

Communications Science

References

[BPS] Badan Pusat Statistika. (2022). Banyaknya Desa/Kelurahan Menurut Jenis Bencana Alam dalam Tiga Tahun Terakhir.

Abdullah, R. (2013). Implementasi aqidah tauhid dalam pembelajaran IPA fisika dengan metode kooperatif jigsaw dan STAD ditinjau dari motivasi belajar dan karakter siswa. Jurnal Inkuiri, 2(2), 184–192.

Armstrong, A. K., Krasny, M. E., & Schuldt, J. P. (2019). Framing climate change. Communicating Climate Change, 8, 57–69. https://doi.org/10.7591/9781501730801-012

Danty, & Zul. (2019). Generasi cerdas Iklim IPB University Raih Penghargaan Organisasi Kepemudaan dari Ridwan Kamil. https://greencampus.ipb.ac.id/generasi-cerdas-iklim-ipb-university-raih-penghargaan-organisasi-kepemudaan-dari-ridwan-kamil/

Fauziah, S. P., & Roestamy, M. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Tauhid (T. RGP (ed.); 1st ed.). Rajawali Pers.

McAdam, D. (2017). Social movement theory and the prospects for climate change activism in the United States. Annual Review of Political Science, 20, 189–208. https://doi.org/10.1146/annurev-polisci-052615-025801

Meng, J., Martinez, L., Holmstrom, A., Chung, M., & Cox, J. (2017). Research on social networking sites and social support from 2004 to 2015: A narrative review and directions for future research. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 20(1), 44–51. https://doi.org/10.1089/cyber.2016.0325

Miles, M. B., Saldana, J., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Munji, A. (2016). Tauhid dan etika lingungan: Telaah atas pemikiran Ibn ‘Arabī. Jurnal THEOLOGIA, 25(2), 279–300. https://doi.org/10.21580/teo.2014.25.2.398

Noor, M. (2022). Melestarikan Alam Untuk Terwujudnya “Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghofur.” Kemenag Kalimantan Selatan. https://kalsel.kemenag.go.id/opini/737/Melestarikan-Alam-Untuk-Terwuj#:~:text=Allah telah telah peringatkan dalam,(ke jalan yang benar).

Paramitadevi, Y. V, & Anggraeni, H. E. (2021). Sesi kearifan lokal bersama murid sekolah dasar dalam menghadapi perubahan iklim di Kota Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidkan, 4(1), 46–52.

Puspita, A., Utaya, S., & Ruja, N. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis observasi lapangan terhadap kemampuan berpikir analitis. Jurnal Pendidikan: Teori, Peneitian Dan Pengembangan, 3(4), 468–474.

Qoriah, U. M., Bafadal, I., & Mustiningsih, M. (2018). Manajemen implementasi kurikulum dan pembelajaran berbasis tauhid dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 188–197. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p188

Samara, Q. (2020). Social movement and climate change: the proponent and the denial. Social Movement and Climate Change, 1, 1–16.

Sinaga, L. C. (2020). Assessing the commitment of Indonesian government towards climate change policy: The Yudhoyono Presidency 2004-2014. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri Dan Hubungan Internasional, 11(2), 163–182. https://doi.org/10.22212/jp.v11i2.1752

Sya, M. F. (2020). Menumbuhkan minat baca dan belajar anak melalui teras ilmu: Berbasis pendidikan karakter tauhid. Educivilia, 1(1), 29–42.

Syahroni, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap manfaat metode pembelajaran observasi lapangan pada mata kuliah profesi kependidikan. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), 417. https://doi.org/10.31002/ijel.v4i1.3253

Wijayanti, S. (2017). Proyeksi Dampak Perubahan Iklim terhadap Ancaman Bahaya Banjir DAS Batanghari. IPB [ID].

Yin, R. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE Publications.

Zul. (2017). Generasi Cerdas Iklim Bogor Raih Penghargaan Internasional. https://www.brin.go.id/generasi-cerdas-iklim-bogor-raih-penghargaan-internasional/

Published

2024-06-30

Issue

Section

Juni Vol 5 No 1