Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki Terhadap Berita Peresmian Monumen Titik Nol Cianjur Selatan dalam Media Online Antaranews.com dan Detik.com

Authors

  • Firman Taufiqurrahman STISIP Widyapuri Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2024.5.1.3475

Keywords:

Framing analysis, district expansion, news, online media

Abstract

Media massa online saat ini menjadi wahana informasi dan pembentukan opini publik paling utama melalui pembingkaian informasi dalam berita. Selain perannya itu, di lingkup daerah, keberadaan media berbasis digital ini juga bisa dijadikan mitra bagi pemerintah setempat dalam menginformasikan berbagai kegiatan, kebijakan atau isu yang dipandang penting untuk diinformasikan dan disebarluaskan secara segera dan serentak kepada khalayak seluas-luasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara media online Antaranews.com dan Detik.com dalam menyusun berita terkait kegiatan peresmian monumen Titik Nol Cianjur Selatan. Penelitian memakai paradigma kualitatif dengan pendekatan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Objek penelitian adalah berita di media online Antaranews.com dan Detik.com. Hasilnya, ada kesamaan pada unsur sintaksis, skrip, dan retoris yang meliputi elemen berita, narasumber, pernyataan, latar informasi, dan grafis atau foto dalam berita yang dipilih dan disajikan. Sementara terkait tema ada perbedaan dalam aspek sudut pandang berita yang disajikan, Antaranews.com memilih “pesta rakyat” untuk mengesankan kemeriahan dan ingar bingar yang diikuti semua elemen masyarakat, sementara Detik.com menonjolkan “keseriusan” untuk menunjukkan sikap dari pemangku kebijakan berkaitan dengan rencana pemekaran Cianjur Selatan sebagai calon daerah otonomi baru di kemudian hari.

References

Eriyanto. 2002. Analisis Framing; Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: Lkis.

Sobur, Alex, 2002. Analisa Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisa Wacana, Analisa Semiotika dan Analisa Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taqur, Firman. 2018. Jurnalistik Suatu Pengantar. Yogyakarta; Tapak Publishing.

Hopipah, Nurul, Hendra Setiawan. “Analisis Framing Pemberitaan Jabar Siaga Satu Rawan Bencana Alam pada Media Online Detik.com dan Kompas.com”. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022.

Sopiyani, Irda, Hendra Setiawan. “Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki terhadap Pemberitaan Gempa Bumi Cianjur pada Media Online Kompas.com dan Antaranews.com”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, April 2023, 9 (7).

Yuliyanti, Melani, Wienike Dinar Pratiwi, dan Een Nurhasanah. “Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dalam Berita “BMKG Bantah Isu Gelombang Tsunami akan Menghantam NTT pada Kompas.com Edisi 07 April 2021”. Jurnal PEBAS: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 1, No. 1 Agustus 2021,

Peraturan Pemerintah RI nomor 78/2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan, dan Penggabungan Daerah.

https://epaper.mediaindonesia.com/detail/masa-suram-cianjur-selatan-menuju-titik-terang

https://jabar.antaranews.com/berita/474816/cianjur-gelar-pesta-rakyat-di-titik-nol-cdob-cianjur-selatan

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6997807/seriusi-pemekaran-ini-monumen-titik-nol-cianjur-selatan

Published

2024-06-30

Issue

Section

Juni Vol 5 No 1