Komunikasi Publik Program GPII Putri Jawa Barat melalui Media Sosial Instagram

Authors

  • Rizqi Ghassani Universitas Kebangsaan Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2024.5.1.3478

Keywords:

Komunikasi Publik, Media Sosial, PW GPII Putri

Abstract

Perkembangan teknologi dalam berbagai sektor menjadi salah satu tantangan dalam publikasi kegiatan Gerakan Pemuda Islam Indonesia Putri Jawa Barat (GPII Putri Jabar). Sehingga dalam menjalankan program kerja yang direncanakan dalam Musyawarah Kerja harus menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terutama kebutuhan dalam mencari informasi dan aktualisasi diri. Adapun media sosial yang menjadi platform utama dalam publikasi kegiatan GPII Putri adalah Media Sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini, GPII Putri Jawa Barat menggunakan komunikasi publik dengan memperhatikan empat faktor; mengenali sasaran komunikasi, pemilihan media komunikasi, pengkajian tujuan pesan komunikasi dan peranan komunikator dalam komunikasi sehingga tujuan strategi komunikasi dapat tercapai dengan cara menerapkan tujuan to secure understanding, to establish acceptance, to motivate action sehingga publikasi berbagai pesan melalu media Instagram dapat tersampaikan secara efektif.

Author Biography

Rizqi Ghassani, Universitas Kebangsaan Republik Indonesia

dosen ilmu komunikasi Universitas Kebangsaan Republik Indonesia

References

Abidin, Yusuf Zainal. 2015. Manajemen Komunikasi (Filosofi, Konsep, dan Aplikasi). Bandung: Pustaka Setia.

Ardianto, Elvinaro., 2009. Public Relations Praktis Edisi Pertama. Jakarta: Widya Padjajaran.

Barlow, M. M. 2015. Use and measurement of social media for smes. Journal of Small Business and Enterprise Development.

Brogan, C. 2010. Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business Online. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. 1984. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Rosda Karya.

Effendy, Onong Uchjana. 2001. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 2015. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti.

Harjono. 2009. Legitimasi Perubahan Komunitas Kajian Terhadap UUD 1945. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

https://esi.kemdikbud.go.id/wiki/Gerakan_Pemuda_Islam_Indonesia_(GPII)

https://telkomuniversity.ac.id/pengertian-data-fungsi-jenis-jenis-manfaat-dan-contohnya/

Kriyanto, R. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Intruksional Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploiratif, Enterpretif Dan Konstruktif. Edited By Y. Suryandari. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:a Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumadi, E. 2016. Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskriminasi. At Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam.

Thaib, Erwin Jusuf. 2021. Problematika Dakwah Di Media Sosial. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Published

2024-06-30

Issue

Section

Juni Vol 5 No 1