Generasi Z sebagai Konsumen Masa Depan: Karakteristik, Preferensi, dan Tantangan Baru

Authors

  • Wasis Wibowo UPN Veteran Jakarta
  • Fitria Ayuningtyas UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2024.5.2.3937

Keywords:

Generation Z

Abstract

Generasi Z, yang tumbuh dalam era digital, menghadirkan perubahan signifikan dalam pola konsumsi yang memengaruhi strategi bisnis di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik, preferensi, dan tantangan yang dihadapi pelaku industri dalam memahami perilaku Generasi Z sebagai konsumen. Dengan pendekatan kualitatif dan metode kajian literatur, studi ini mengintegrasikan berbagai temuan dari penelitian terdahulu terkait perilaku konsumsi Generasi Z. Fokus utama terletak pada peran teknologi, nilai keberlanjutan, serta pentingnya autentisitas dalam keputusan pembelian mereka. Hasil analisis menunjukkan bahwa Generasi Z cenderung memilih merek yang mendukung nilai-nilai personal, memanfaatkan media digital sebagai medium utama untuk informasi dan interaksi, serta lebih mengutamakan pengalaman daripada produk fisik. Temuan ini memberikan wawasan strategis bagi pelaku bisnis dalam merancang pendekatan pemasaran yang relevan dan menawarkan rekomendasi untuk menjawab tantangan yang muncul dalam memenuhi kebutuhan konsumen masa depan.

References

Andriyanty, R. (2024). Rasionalitas dan Altruisme Generasi Z. Mediastima, 30(1), 1–12.

Ardianti, S. U., Wahyu, S., Handayani, E., Ilmu, F., Politik, I., & Surakarta, U. (2021). Interior Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Di Desa. 19(4), 287–292.

Deryansyah, A. D., Rachmadani, R., & Putri, S. S. (2023). Pemanfaatan Tiktok oleh Gen-Z sebagai Platform Edukasi melalui Konten Tiktok Edukasi. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian Dan Studi Ilmu Komunikasi), 4(2), 68. https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2023.4.2.2965

Hidayati, N., & Rahmawati. (2023). Gen Z’s Perspective: Unveiling the Impact of Emotion and Cognitive in Shaping Customer Experience in Omnichannel Context. International Journal of Social Science and Business, 7(4), 832–842. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i4.63942

Image, B., Mikro, U., & Menengah, K. (2023). Buana komunikasi. 1–16.

Lozic, Josko. (2020). MANAGERIAL DISRUPTIVE STRATEGIES IN THE GLOBAL MUSIC INDUSTRY: BUILDING OF THE COMPETITIVE ADVANTAGES OF SPOTIFY AND PANDORA DIGITAL STREAMING CORPORATIONS.

Netti, S. Y. M., & Irwansyah, I. (2018). Spotify: Aplikasi Music Streaming untuk Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 10(1), 1. https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.1102

Paresashvili, N., Gurbanov, N., Gechbaia, B., Goletiani, K., & Edzgveradze, T. (2020). Significant issues of organizational conflict management. 55th International Scientific Conference on Economic and Social Development –, 1(4), 100–109.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Septiana, E., & Damanuri, A. (2024). Perubahan Perilaku Konsumen Generasi Milenial Dan Generasi Z Terhadap Pembelian Consumer Goods Pada Era Digital Di Desa Beton. IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting, 5(2), 248–261. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA/index

Shalbrenda, V., & Saktiana, G. M. (2024). E-Satisfaction Spotify pada Gen Z Jakarta Memengaruhi Repurchase Intention Melalui Enjoyment, Social Value, dan Ease of Use. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 6(2), 531–543. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i2.29856

Sugondo, K., Yulianto, Y. H., Visual, D. K., Kristen, U., Sosial, M., & Communication, I. M. (2023). Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual Strategi Promosi di Media Sosial Berbasis Integrated Marketing. 5(November).

Zhulal, M., Marits, S. A., & Herman, S. (2024). Generation Z Purchasing Behavior Profile in the Digital Economy: Normative Analysis in Online Markets. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.37641/jimkes.v12i1.2326

Chou, S. and Chen, C.-W. (2018), "The influences of relational benefits on repurchase intention in service contexts: the roles of gratitude, trust and commitment", Journal of Business & Industrial Marketing, Vol. 33 No. 5, pp. 680-692. https://doi.org/10.1108/JBIM-08-2017-0187

https://data.tempo.co/data/1971/gen-z-berpotensi-jadi-penggerak-ekonomi-di-tengah-doom-spending

https://www.bps.go.id/id

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Desember Vol 5 No 2