Analisis Respons Followers Terhadap Personal Branding Zhafira Aqyla di Media Sosial Tiktok

Main Article Content

Tania Shafira Zahra
Freddy Yusanto

Abstract

Setiap individu di era digital memiliki peluang membangun personal branding melalui media sosial, termasuk para influencer. Zhafira Aqyla, seorang influencer di TikTok, menjadi contoh sukses dalam membentuk citra diri secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons followers terhadap personal branding Zhafira dengan menggunakan teori Peter Montoya yang mencakup delapan konsep utama personal branding: Spesialisasi, Kepemimpinan, Kepribadian, Perbedaan, Visibilitas, Kesatuan, Keteguhan, dan Nama Baik. Analisis respons dilakukan melalui tiga aspek model M. Caffee: kognitif, afektif, dan behavioral. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam kepada followers aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding Zhafira memperoleh respons positif. Followers mengapresiasi penyampaian konten yang informatif, inspiratif, serta konsisten, sehingga membentuk persepsi yang kuat dan positif terhadap personal brandingnya.

Article Details

Section
April Vol 6 No 1

References

Annur, C. (2023, November 22). 10 Negara dengan Jumlah Pengguna TikTok Terbanyak di Dunia (Oktober 2023). Databoks.

Ardiansyah, F., & Sinduwiatmo, K. (2023). Tiktok Sebagai Media Personal Branding Melinda Rohita. Jurnal Pustaka Komunikasi, 6(1), 170. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/pustakom.v6i1.2586

Ayu Rizqianingrum, A. (2023, May 25). Pentingnya Personal Branding di Era Digital. Kumparan.Com.

Budi Srikandi, M., Suparna, P., & Ekaresty, P. (2024). Audiens Sebagai Gatekeeper Pada Media Sosial. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 7(2), 179–192.

Cakra, S. (2021, January 2). Dampak Tik-Tok pada Generasi Sosial Millenial. Kumparan.Com.

Dewi, R., Yulianti, Y., & Rahman, R. (2023). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Intensitas Ppenggunaan Media Sosial Tiktok Pada Siswa Di Smp Negeri 7 Muaro Jambi. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i2.14925

Endarwati, E., & Ekawarti, Y. (2021). Efektifitas Penggunaan Sosial Media Tik Tok Sebagai Media Promosi Ditinjau Dari Perspektif Buying Behaviors. Mandar: Management Development and Applied Research Journal, 4(1), 114.

Hermawan Kartajaya, Yuswohady, Jacky Mussry, & Taufik. (2004). Positioning Diferensiasi dan Brand (Cristian Rahadiansyah, Ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.

Hermawan, & Ramadhani, D. (2023, September 24). Ingin Life Skills dan Produktivitas Meningkat? Simak 4 Channel YouTube Ini! Yoursay.Suara.Com.

Maharani, I., & Mardiana, L. (2024). Pembentukan Personal Branding @Dilanjaniyar_2 Di Media Sosial Tiktok. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 7(2).

Montoya, P. (2002). The Personal Branding Phenomenon.

Muttaqin, A., Fridiyanti, Y., & Arbain, B. (2024). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Personal Branding Ganjar Pranowo Melalui Media Sosial Tiktok Menuju Pemilihan Presiden Tahun 2024 (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah). Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 10(2).

Nindhita, V., & Putri, A. (2023). Personal Branding Sebagai Strategi Karier Influencer. Jurnal Trunojoyo, 9.

Nirmala, A. (2023, December 9). Kisah Inspiratif Zhafira Aqyla, Mulai Osaka hingga Harvard University. Depokpos.Com. https://www.depokpos.com/2023/12/kisah-inspiratif-zhafira-aqyla-mulai-osaka-hingga-harvard-university/

Prabandari, A. (2024, November 5). Cara Mendapat Uang dari TikTok: 21 Metode Terbukti untuk Menghasilkan Pendapatan. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/feeds/read/5771528/cara-mendapat-uang-dari-tiktok-21-metode-terbukti-untuk-menghasilkan-pendapatan?page=22

Pratama, G. (2023, November 22). Pentingnya Membangun Personal Branding di Media Sosial. Kumparan.Com.

Putri, V., & Gischa, S. (2021, May 8). Personal Branding: Definisi, Tujuan, dan Strateginya . Kompas.Com.

Qathrunnada, Z., Nugroho, C., Yusanto, F., Wulandari, A., & Wulan, R. R. (2025). Ideology, resistance, and sociopolitical dynamics in Indonesia: media narratives and resistance discourses on the chairman of the corruption eradication commission’s corruption case. Frontiers in Communication, 10. https://doi.org/10.3389/fcomm.2025.1552110

Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi (T. Surjaman, Ed.; Revisi). Remaja Rosdakarya.

Sakraloi, R. (2024, May 16). Meniti Jejak Zhafira, Menginspirasi melalui Pendidikan dan Pengaruh Digital. Mediapijar.Com.

Salim, M. (2024, October 30). Personal Branding Adalah Kunci Sukses di Era Digital, Panduan Lengkap Membangun Citra Profesional. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/hot/read/5765830/personal-branding-adalah-kunci-sukses-di-era-digital-panduan-lengkap-membangun-citra-profesional

Samatan, N., Prakosa, A., Robingah, R., & Napsiah, N. (2024). Personal Branding on Social Media Through Peter Montoya Analysis. International Journal of Advanced Multidisciplinary, 3(1), 55–73.

Shivana, D., Nurida, S., & Setiawan, J. H. (2021). Analisis Persepsi Followers Instagram Akun @marioteguh Mengenai Personal Branding Mario Teguh Pasca Kasus Pengakuan Anak Kandung oleh Kiswinar. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(1), 66. https://doi.org/10.37535/103002120215

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tandayong, F. A., & Palumian, Y. (2022). Peranan Influencer Dalam Meningkatkan Parasocial Interaction Dan Purchase Intention Produk Kostemik Lokal Scarlett. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 1(2). https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i2.5375

Yusanto, F., & Nugroho, C. (2024). A critical discourse analysis of the role of influencers in driving social change through Indonesian Youtube content. International Journal of Communication and Society, 6(2), 26–38. https://doi.org/10.31763/ijcs.v6i2.1663

Zed, E. Z., Lusiana Munthe, M., Ningrum, R., Nurfatimah, S., & Lestari, N. (2024). Peran Influencer Marketing Dalam Meningkatkan Kesadaran Merek Dan Penjualan Produk Kecantikan Sunscreen Azarine. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(6).