Kompetensi Dan Motivasi Berdampak Pada Kinerja Tenaga Pendidik Di Pusdikkowad Kodiklat TNI AD

Main Article Content

Nurhaeni Sikki

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja tenaga pendidik di Pusdikkowad Kodiklat TNI AD. Hasil penelitian mengenai kompetensi yang dimiliki oleh tenaga  pendidik di Pusdikkowad Kodiklat TNI AD yang diukur dari dimensi pengetahuan (knowledge)keterampilan (skill) dan sikap (Attitude) beberapa pada  kategori baik.  Adapun motivasi tenaga pendidik yang diukur dari dimensi yaitu kebutuhan berprestasi (need for achievement), kebutuhan berkuasa (need for powerfull) dan kebutuhan berafiliasi (need for affiliation) sudah baik. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 16. Hasil analisis jalur menunjukan bahwa kompetensi dan motivasi memiliki pengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik di Pusdikkowad Kodiklat TNI AD, baik secara langsung maupun tidak langsung di mana pengaruh langsung motivasi lebih besar dibandingkan pengaruh kompetensi terhadap kinerja. Selain itu, hasil pengujian hipotesis menunjukkan variabel kompetensi dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik di pusdikkowad kodiklat TNI AD dengan nilai F (0.000) dan kontribusi sebesar 75,3%. Secara parsial variabel kompetensi dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik dengan thitung 0.000. 

Article Details

Section
Juni Vol 1 No 1