PERAN MANAJERIAL DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PROGRAM KESEHATAN LINGKUNGAN (SURVEI PADA PUSKESMAS PENAJAM PASER UTARA)

Authors

  • Syamsir Djafar Universitas Sangga Buana YPKP Bandung
  • Chevie Wirawan Universitas Sangga Buana YPKP Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32897/jiim.2023.1.2.2612

Keywords:

Peran Manajerial, Mutu Pelayanan

Abstract

Agar terwujud derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya pembangunan bidang kesehatan diarahkan sebagai prasayarat untuk mereka dapat hidup lebih produktif dalam kehidupan dan penghidupannya. Diselenggarakannya upaya kesehatan masyarakat (ukm) dan upaya kesehatan perorangan (ukp) oleh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) pada tingkat pertama bertujuan untuk lebih mengutamakan promotif dan preventif. Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki 11 UPT Puskesmas dan semuanya sudah terakreditasi dengan rincian: dua terakreditasi utama, tujuh madya, dan dua dasar. Namun berdasarkan penilaian manajemen puskesmas belum cukup mampu menjalankan fungsi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisa hubungan antara peran manajerial terhadap mutu pelayanan kesehatan lingkungan di puskesmas yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara. Dimensi dari peran manajerial mencakup peran interpersonal, peran informasional dan peran keputusan. Alat analisa yang digunakan adalah regresi liear berganda, jumlah sampel sebanyak 85 orang yang terdiri dari pegawai 11 UPT Puskesmas. Metode pengambilan data berupa penyebaran kuesioner dengan 21 pertanyaan tertutup. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa peran interpersonal, peran informasi, dan peran keputusan mempunyai pengaruh signifikan terhadap mutu kesehatan lingkungan baik secara partial maupun secara bersama-sama.

References

Agustin NA, Syiam N. Pelayanan Kesehatan Lingkungan di Puskesmas. Higeia J Public Heal Res Dev. 2020;2(4):267–79.

Permenkes. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit perlu disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan hukum. 2020;(3):1–80.

Ainurrahmah Y. Pengaruh Manajemen Pusat Kesehatan Masyarakat terhadap Akses Pelayanan Kesehatan untuk Mewujudkan Mutu Pelayanan Kesehatan. J Publik. 2017;11(2):239–56.

Sanah N. Pelaksanaan fungsi puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. eJournal Ilmu Pemerintah. 2017;5(1):305–14.

Syafri W, Alwi A. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Publik. 1st ed. Sumedang: IPDN PRESS; 2014. 114 p.

Armstrong M. Handbook of human resources management. 10th ed. Handbook of Human Resources Management. London: Kogan Page Limited; 2006. 1–1430 p.

Hasibuan MSP. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Revisi. Jakarta: Bumi Aksara; 2016.

Tarumaselej LA. Pengaruh Manajemen Puskesmas Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas Di Kota Ambon. Universitas Hasanuddin; 2020.

Bonface A, Malenya AA, Musiega D. Effect of Managerial Expertise on Organizational Performance of Investment Banks in Kenya: Acase Study of Old Mutual Acquisition of Faulu Kenya Micro-Enterprise. Int J Bus Manag Invent ISSN [Internet]. 2015;4(4):38–54. Available from: www.ijbmi.org

Kandampully J, Menguc B. Managerial practices to sustain service quality: an empirical investigation of New Zealand service firms. Mark Intell Plan. 2000;18(4):175–84.

Azman I, Mohd Ridwan AR. Managers’ Roles in Performance based Reward Enhancing Employees’ Feelings of Procedural Justice. Kinerja. 2017;21(2):145–58.

Downloads

Additional Files

Published

2023-02-28