KEJENUHAN BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Nining Harnani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti
  • Dodi Tisna Amijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti
  • Rudi S Ahmadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti

DOI:

https://doi.org/10.32897/techno.2024.17.1.2432

Keywords:

Kejenuhan Belajar, Minat Belajar, Perkuliahan Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana kejenuhan belajar dan minat belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNWIM dalam mengikuti perkuliahan secara daring pada masa pandemi Covid 19, serta mengungkap besar pengaruh kejenuhan belajar terhadap minat belajar. Pada masa pandemi perkuliahan daring merupakan salah satu solusi untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar, internet menjadi salah satu media pembelajaran untuk menampilkan kegiatan pembelajaran baik melalui bentuk presentasi modul kuliah, rekaman video, audio atau tulisan dari dosen yang bersangkutan. Metode yang digunakan berupa deskriptif verifikatif dengan instrument penelitian berupa kuesioner dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 sebanyak 80 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merasa jenuh dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan secara daring disebabkan masalah diantaranya sulit mengerti materi yang disampaikan, sinyal yang kurang baik, serta lingkungan rumah yang kurang mendukung sehingga mahasiswa hilang fokus belajar. Kesimpulan penelitian ini bahwa kejenuhan belajar berpengaruh negatif terhadap menurunnya minat belajar. semakin tinggi tingkat kejenuhan belajar mahasiswa maka akan mengakibatkan menurunnya minat belajar mahasiswa terhadap perkuliahan secara daring.

References

Cao Y, Su B, Guo X, Sun W, Deng Y, Bao L, et al. Potent Neutralizing Antibodies against SARS-CoV-2 Identified by High-Throughput Single-Cell Sequencing of Convalescent Patients’ B Cells. Cell. 2020 Jul 9;182(1):73-84.e16.

Maharani T, Rastika I, Kompas. Kompas.com. 2021. UPDATE 20 Desember: Bertambah 133, Kini Ada 4.260.677 Kasus Covid-19 di Indonesia

Rokom, Kemenkes.go.id. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20211226/1939050/total-kasus-terkonfirmasi-omicron-bertambah-jadi-46-kasus/. 2021. Total Kasus Terkonfirmasi Omicron Bertambah Jadi 46 Kasus.

Djamarah B. Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta ; 2002.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta ; 2010. 180–180 p.

Koentjaraningrat. Metode-metode penelitian masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama ; 1991.

Cresswell JW. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Edisi Keempat. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar ; 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta ; 2018.

Anwar Sanusi. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta. 2017.

Supriyadi, Edy. SPSS + Amos. Jakarta: In Media. 2014.

Nidjo. Metode Analisis Jalur (Path Analysis) & Aplikasinya. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 2011.

Published

2024-04-30