Loyalitas Pelanggan Berbasis Green Brand Image dan Green Trust di I.C.O Water
DOI:
https://doi.org/10.32897/techno.2025.18.1.4117Kata Kunci:
Green Brand Image, Green Trust, Loyalitas Pelanggan, Green MarketingAbstrak
Kerusakan lingkungan akibat aktivitas bisnis menciptakan peluang bagi pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran ramah lingkungan. Elemen seperti citra merek hijau (green brand image) dan kepercayaan terhadap merek hijau (green trust) berperan penting dalam pemasaran berkelanjutan serta dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, terutama seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh signifikan, baik secara parsial maupun simultan, dari citra merek hijau dan kepercayaan terhadap merek hijau terhadap loyalitas pelanggan I.C.O Water di Desa Laok Jang-Jang, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitian mencakup seluruh pelanggan I.C.O Water, dengan sampel sebanyak 80 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan jumlah sampel mengacu pada rumus Roscoe, mengingat populasi tidak diketahui secara pasti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, citra merek hijau (X1) dan kepercayaan terhadap merek hijau (X2) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y), sehingga hipotesis pertama dan kedua dapat diterima. Secara simultan, kedua variabel independen tersebut juga berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sehingga hipotesis keempat diterima. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pemasaran hijau, terutama melalui penguatan citra merek hijau dan kepercayaan pelanggan terhadap produk ramah lingkungan, menjadi faktor kunci dalam meningkatkan loyalitas pelanggan I.C.O Water.
Referensi
Upe JA, Usman A. Pengaruh Green Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Starbucks Coffee Di Kota Makassar. JABE (Journal Appl Bus Econ. 2022;9(1):1.
Cindy AM. Timbunan Sampah Plastik Indonesia Semakin Meningkat Hampir Sedekade. databoks. 2024.
Savitri S, Marlena N. Pengaruh Green Marketing, Green Brand Image, Dan Green Knowledge Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Cleo Eco Green Di Wilayah Surabaya. J Pendidik Tata Niaga. 2023;11(3):207–15.
Sofyan I, Karmela Fitriani L. Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Mcdonald’s. Entrep J Bisnis Manaj dan Kewirausahaan. 2023;4(2):285–300.
Putri FD, Saryono O, Muhidin A. PENGARUH GREEN BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Kasus Pada Konsumen Smartphone Samsung di Abadi Cell Buniseuri Ciamis). Bus Manag Entrep J. 2019;1(4).
Hidayat AM. PENGARUH GREEN BRAND IMAGE, GREEN TRUST DAN GREEN SATISFACTION TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN ( Studi Kasus pada Konsumen Stuja Coffee Jakarta ). J Ilm Mhs FEB. 2021;9(2).
Jannah SA, Hayuningtias KA. Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan. Jesya. 2024;7(1):489–500.
Khusnul Irawati, Harun Alrasyid MTA. Peran Green Marketing Dan Kualitas Green Product Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Le Minerale: Analisis Mediasi Brand Trust Di Kota Batu. e – J Ris Manaj Prodi. 2023;14(01):929–41.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2022.
Pah GH, Foenay CC, Kurniawati M, Fanggidae RP. The Effect Of Green Brand Image And Green Awareness On Buying. J Ekon dan Ilmu Sos. 2017;305–17.
Putri FD, Saryono O MA. Pengaruh Green Brand Image dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Konsumen Smartphone Samsung di Abadi Cell Buniseuri Ciamis). Bus Manag Entrep J [Internet]. 2019;1(4):25–43. Available from: https://jurnal.unigal.ac.id/bmej/issue/view/302
Salsabilla F, Isharina IK. The Effect of Green Brand Image, Green Trust, And Green Satisfaction on Customer Loyalty. J Manaj Pemasar dan Perilaku Konsum. 2024;3(2).
Yuwanti D, Sofriana Imaningsih E, Wibowo W, Yuwono I. Green Product Quality, Green Brand Image, E-Wom Terhadap Green Customer Loyalty Trust Strategi Marketing. J Impresi Indones. 2023;2(9):871–83.
Amelia R, Ayani S. Optimalisasi Membangun Brand Image Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Value Dan Customer Retention Sebagai Variabel Intervening. Ekon Bisnis. 2020;26(1):268–79.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 TECHNO-SOCIO EKONOMIKA

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya tersebut dengan pengakuan atas kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.