IMPLEMENTASI ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE PADA APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN TENSES BAHASA INGGRIS

Authors

  • Beki Subaeki Teknik Informatika Universitas Sangga Buana YPKP
  • Dicky Ardiansyah Teknik Informatika UIN Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.32897/infotronik.2017.2.1.31

Abstract

Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional sekaligus bahasa universal yang digunakan oleh berbagai negara di dunia. Hal ini membuat Bahasa Inggris juga menjadi bahasa asing yang sering kita pelajari dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Dalam Bahasa Inggris, Time (waktu) sangat erat hubungannya dengan Tense (perubahan kata kerja). Sehingga mempelajari tenses, juga merupakan modal dasar bagi seseorang untuk menguasai konteks kalimat Bahasa Inggris. Dalam skripsi ini media penyampian informasi mengenai materi tenses dibuat dalam bentuk PBK (Pembelajaran Berbantuan Komputer), yakni Multimedia Interaktif. Multimedia Interaktif dapat memberikan sebuah interaktifitas antara pengguna dengan aplikasi. Interaktifitas yang dibuat dalam aplikasi pembelajaran tenses ini berupa simulasi soal untuk mengasah tingkat pemahaman materi tenses pengguna. Soal uji pemahaman dibuat ke dalam dua (2) ketegori, yakni soal latihan dan soal tes evaluasi menggunakan format penyimpanan data standar berbasis .XML (eXtensible Markup Language). Implementasi algortima acak (shuffling) pada pembuatan aplikasi digunakan untuk mengacak urutan soal uji pemahaman. Algoritma acak (shuffling) yang dipakai adalah algoritma Fisher-Yates Shuffle. Algoritma Fisher-Yates Shuffle dapat mengacak urutan data bank soal .xml yang dimasukkan kedalam array dan dipanggil menggunakan bahasa pemrograman ActionScript 3.0, sehingga soal yang diacak akan menghasilkan permutasi yang berbeda dan memiliki hasil bias.

 

Kata kunci :    Tenses, PBK (Pembelajaran Berbantuan Komputer), Multimedia Interaktif, Soal Uji Pemahaman, .XML (eXtensible Markup Language), ActionScript 3.0, Algoritma Fisher-Yates Shuffle.

References

Ade-Ibijola, Abejide Olu. 2012. A

Simulated Enhancement of Fisher-Yates Algorithm for Shuffling in Virtual Card Games using Domain-Specific Data Structures, International Journal of Computer Applications.

All English Tenses (Revision).

http://www.anglo-link.com/index.php?/online_lessons/video_lessons

(diakses tanggal 11 agustus 2014, 01:20)

Ambler, S.W., 2005, The Elements of

UML 2.0 Style, Cambridge University Press, Cambridge.

Arsyad, Azhar. 2007. Media

Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Binanto, I., 2010, Multimedia Digital

Dasar Teori dan Pengembangannya, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Black, Paul E. (2005-12-19).

"Fisher–Yates shuffle". Dictionary of

Algorithms and Data Structures. National Institute of Standards and Technology. Retrieved 2007-08-09. (diakses tanggal 22 september 2013, 22:52)

Durstenfeld, Richard (July 1964).

"Algorithm 235: Random

permutation". Communications of the ACM 7 (7): 420. (diakses tanggal 22 september 2013, 22:52)

Fisher, R.A.; Yates, F. (1948)

. Statistical tables for biological,

agricultural and medical research (3rd ed.). London: Oliver & Boyd. pp. 26–27. (diakses tanggal 22 september 2013, 22:52)

Fisher-Yates Shuffle.

http://en.algoritmy.net/article/43676/Fisher-Yates-shuffle (diakses tanggal 22 september 2013, 22:52)

Herlawati, P.P.W., 2011,

Menggunakan UML, Penerbit Informatika,

Bandung.

Hughes, A., 2011, The Online English

Grammar,

http://www.english4today.com/grammar/ (diakses tanggal 3 januari 2014, 10:30)

Published

2017-06-01