RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (STUDI KASUS : SMPIT NURUL ISLAM TENGARAN)

Julian Chandra Wibawa

Abstract


Saat ini penerapan teknologi informasi banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Pada sebuah instansi pendidikan tentunya sangat membutuhkan sistem informasi dalam mengatur kegiatan akademik yang cepat, efektif, efisien, akurat untuk meningkatkan standar mutu pendidikan pada instansi pendidikan tersebut. Kegiatan akademik, terutama pada kegiatan pendaftaran dan pengolahan nilai rapor hafalan siswa di SMPIT Nurul Islam Tengaran perlu didukung oleh sistem infomasi berbasis teknologi informasi yang dapat memudahkan kegiatan tersebut. Permasalahan yang terjadi saat ini antara lain kegiatan pendaftaran yang masih dilakukan secara manual dan juga pembuatan rapor yang berisikan nilai hafalan dan rekap absen pun masih dilakukan secara manual. Penelitian diawali dengan studi literatur, pengumpulan data, perancangan, pengujian, dan penyajian perangkat lunak. Dengan adanya SIAK (Sistem Informasi Akademik) dapat membantu kegiatan pendaftaran dan pembuatan rapor menjadi lebih mudah, meminimalisir resiko terjadinya kesalahan dan membuat semua proses menjadi lebih cepat.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi, Akademik, Pendaftaran, Nilai Harian, Absensi, Rapor.


References


Azhar Susanto, Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya, 2013.

Mohamad Subhan, Analisa Perancangan Sistem. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia, 2012.

Rudy Tantra, Manajemen Proyek Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2012.

Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

KBBI. (2017, Mei) Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. HYPERLINK "http://kbbi.web.id/" http://kbbi.web.id/

Tata Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2012.

Pipin Asropudin, Kamus Teknologi Informasi Komunikasi. Bandung: Titian Ilmu, 2013.

Julian Chandra Wibawa and Muhammad Rajab Fachrizal, "Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan ".


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License