PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB (STUDI KASUS : SMP PLUS BABUSSALAM BANDUNG)

Hanhan Hanafiah Solihin

Abstract


Siswa baru yang mendaftar di SMP Plus Babussalam, khususnya untuk masuk ke pesantren, mayoritas berasal dari luar kota. Proses penerimaan siswa baru (PSB) di sekolah ini yang masih menggunakan sistem konvensional, sehingga calon siswa terkadang kesulitan mendapatkan informasi untuk melakukan proses pendaftaran. Proses administrasi juga cenderung lambat, karena data belum terintegrasi dan terkelola dengan baik. Proses ini juga masih menggunakan arsip dalam bentuk fisik yang rentan mengalami kerusakan atau bahkan hilang. Untuk dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada pendaftaran siswa baru di SMP Plus Babussalam dibuatlah perancangan dan pembangunan aplikasi Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web. Metode yang digunakan untuk pembangunan sistem informasi menggunakan Model Prototype dengan pendekatan sistem berorientasi objek yang dimodelkan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Hasil akhir dari perancangan dan pembangunan sistem informasi ini adalah adanya sebuah aplikasi yang dapat memberi kemudahan akses informasi dan proses pendaftaran sehingga proses administrasi penerimaan siswa baru menjadi lebih efektif dan efisisen.

 

Kata Kunci : sistem informasi, penerimaan siswa baru, prototype, UML, web


References


Al-Bahra. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Irawan, Budhi. 2005. Jaringan Komputer. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Jogiyanto, HM. 2005. Analisis Dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur, Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis. Andi. Yogyakarta.

Kristanto, Andi. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Gava Media. Yogyakarta.

Sherlyta, Olivia. 2013. Pembangunan Sistem Penerimaan Siswa Baru Secara Online Pada TK & SD Model Sleman. STMIK AMIKOM. Yogyakarta Didapat dari

repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_09.11.2866.pdf

Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak. Andi. Yogyakarta.

Shalahudin, M., dan Rosa A.S. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Simarmata, Janner. 2007. Perancangan Basis Data. Andi. Yogyakarta.

Widodo, Prabowo P & Herlawati. 2011. Menggunakan UML – UML Secara Luas Digunakan untuk Memodelkan Analisis & Desain Sistem Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32897/infotronik.2016.1.1.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License