Strategi Komunikasi Copywriter dalam Pemasaran Konten (Analisis Studi Kasus di Instagram Napak Jagat Pasundan)
Main Article Content
Abstract
Penelitian dilakukan Untuk Mengetahui Strategi Komunikasi Copywriter dalam Pemasaran Konten di Instagram Napak Jagat Pasundan,. Dengan tujuan mengetahui bagaimana strategi komunikasi Copywriter dalam pemasaran konten, dan Mengetahui alasan dilakukan nya strategi Komunikasi copywriter dalam pemasaran konten, serta mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan Copywriter dalam Pemasaran Konten di Instagram Napak Jagat Pasundan. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan jenis Pendekatan Studi Kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber,serta melakukan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, klasifikasi data, reduksi data, Penyajian data, dan juga membuat sebuah kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan di lapangan adalah copywriter Napak Jagat Pasundan menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang relevan dengan Metode SOSTAC sebelum akhirnya memutuskan membuat sebuah konten kebudayaan di Instagram sebagai bentuk promosi event kebudayaan sekaligus untuk meningkatkan awwarnes brand Djarum dengan mengkampanyekan Campign Coklat Kita. Copywriting yang dibuat oleh copywriter Napak Jagat Pasundan juga menggunakan model AIDA. Kegiatan yang dilakukan Copywriter Napak Jagat Pasundan dalam memasarkan konten di Instagram adalah membuat sebuah rubrikasi, lalu membuat Editorial Planning, kemudian membuat tulisan atau copywriting, kemudian di publikasi kan di Instagram Napak Jagat Pasundan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa Copywriter Napak Jagat Pasundan menggunakan Strategi Komunikasi Pemasaran dengan model SOSTAC yaitu Langkah yang sistematis dalam Menyusun sebuah strategi komunikasi pemasaran dengan menganalisis kondisi internal dan eskternal perusahaan.
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Adhi004. (2022, January). Berita Pemerintahan. Kominfo.
Agustine, H. widi S. & D. K. (2019). Tinjauan Alur Kerja Copywriter Divisi Konten Suitmedia dalam Industri Kreatif Pemasaran Digital. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i1.66
Agustrijanto. (2006). Copywriting : seni mengasah kreativitas dan memahami bahasa iklan (3rd ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Ariyadi, W. (2020). Jurus Jitu Menguasai Copywriting : Strategi sukses Membangun Bisnis dan Meningkatkan Pemasaran. Anak Hebat Indonesia.
Bely, R. W. (2007). The Copywriter Handbook A step -By-Step Guide to writing Copy That Sells (3rd Editio). Henry Holt And Company.
ine anggraini. (2020). Kajian Sejarah dan Perkembangan teori efek media.
Kangean, S., & Rusdi, F. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan E-Commrece di Indonesia. Prologia, 4(2), 280. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6504
Kusniadji, S., & Tarumanagara, U. (n.d.). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods ( Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang ). 83–98.
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Ilmiah Dinamika Sosial, 1(25812424).
Prof.Dr.H.Mudjia Rahardjo., M. s. (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF : KONSEP DAN PROSEDURNYA.
Suryadi, D. E. (2020). Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Remaja Rosdakarya.
Tarigan, A. azman. (2021). peran copywriting media sosial dalam meningkatkan minat konsumen terhadap produk west burger.
Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. ANDI.