Strategi Komunikasi Copywriter dalam Pemasaran Konten (Analisis Studi Kasus di Instagram Napak Jagat Pasundan)

Nadiya Kumalasari Pranajaya, Reza Saeful Rachman

Abstract


Penelitian dilakukan Untuk Mengetahui Strategi Komunikasi Copywriter dalam Pemasaran Konten di Instagram Napak Jagat Pasundan,. Dengan tujuan mengetahui bagaimana strategi komunikasi  Copywriter dalam pemasaran konten, dan Mengetahui alasan dilakukan nya strategi Komunikasi copywriter dalam pemasaran konten,  serta  mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan Copywriter dalam Pemasaran Konten di Instagram Napak Jagat Pasundan. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan jenis Pendekatan Studi Kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi  langsung dan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber,serta melakukan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, klasifikasi data, reduksi data, Penyajian data, dan juga membuat sebuah kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan di lapangan adalah copywriter Napak Jagat Pasundan menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang relevan dengan Metode SOSTAC sebelum akhirnya memutuskan membuat sebuah konten kebudayaan di Instagram sebagai bentuk promosi event kebudayaan sekaligus untuk meningkatkan awwarnes brand Djarum dengan mengkampanyekan Campign Coklat Kita. Copywriting yang dibuat oleh copywriter Napak Jagat Pasundan juga menggunakan model AIDA. Kegiatan yang dilakukan Copywriter Napak Jagat Pasundan dalam memasarkan konten di Instagram adalah  membuat sebuah rubrikasi, lalu membuat Editorial Planning, kemudian membuat tulisan atau copywriting, kemudian di publikasi kan di Instagram Napak Jagat Pasundan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa Copywriter Napak Jagat Pasundan menggunakan Strategi Komunikasi Pemasaran dengan model  SOSTAC yaitu Langkah yang sistematis dalam Menyusun sebuah strategi komunikasi pemasaran dengan menganalisis kondisi internal dan eskternal perusahaan. 


Keywords


Pemasaran konten, Copywriter, Instagram.

Full Text:

PDF

References


Adhi004. (2022, January). Berita Pemerintahan. Kominfo.

Agustine, H. widi S. & D. K. (2019). Tinjauan Alur Kerja Copywriter Divisi Konten Suitmedia dalam Industri Kreatif Pemasaran Digital. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i1.66

Agustrijanto. (2006). Copywriting : seni mengasah kreativitas dan memahami bahasa iklan (3rd ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Ariyadi, W. (2020). Jurus Jitu Menguasai Copywriting : Strategi sukses Membangun Bisnis dan Meningkatkan Pemasaran. Anak Hebat Indonesia.

Bely, R. W. (2007). The Copywriter Handbook A step -By-Step Guide to writing Copy That Sells (3rd Editio). Henry Holt And Company.

ine anggraini. (2020). Kajian Sejarah dan Perkembangan teori efek media.

Kangean, S., & Rusdi, F. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan E-Commrece di Indonesia. Prologia, 4(2), 280. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6504

Kusniadji, S., & Tarumanagara, U. (n.d.). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods ( Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang ). 83–98.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Ilmiah Dinamika Sosial, 1(25812424).

Prof.Dr.H.Mudjia Rahardjo., M. s. (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF : KONSEP DAN PROSEDURNYA.

Suryadi, D. E. (2020). Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Remaja Rosdakarya.

Tarigan, A. azman. (2021). peran copywriting media sosial dalam meningkatkan minat konsumen terhadap produk west burger.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. ANDI.




DOI: https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2022.3.2.1685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Published by:

Program Studi S1 Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik 
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2774-2342 e-ISSN: 2774-2202

 

Indexed :