Pengaruh Social Media Marketing Akun Instagram @vindes.store Terhadap Kesadaran Merek Vindes
DOI:
https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2024.5.2.3579Keywords:
Social Media Marketing, Instagram, Brand Awareness, VindesAbstract
Media sosial sebagai bentuk dari inovasi teknologi internet memberikan banyak perubahan positif dalam hal manusia bersosialisasi dan berkomunikasi. Salah satu perubahan yang terjadi adalah cara marketing modern dengan menggunakan sosial media, atau biasa disebut dengan social media marketing. Vindes merupakan salah satu pelaku usaha yang memanfaatkan inovasi teknologi internet untuk menjangkau potensi pasar yang lebih luas dengan biaya yang relatif kecil jika dibandingkan dengan marketing konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social media marketing akun Instagram @vindes.store terhadap kesadaran merek Vindes. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 prodi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019 dengan jumlah 81 orang. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan nilai F 49.148 dengan signifikansi 0.000 < 0,05 yang menggambarkan bahwa variabel X (social media marketing) memiliki pengaruh terhadap variabel Y (kesadaran merek).
References
Aaker, A. D. (2018). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.
Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on Instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-to-drink tea industry. International Journal of Data and Network Science , 92-93.
Ansari, S., Ansari, G., Ghori, M. U., & Kazi, A. G. (2019). Impact of Brand Awareness and Social Media Content Marketing on Consumer Purchase Decision. Journal of Public Value and Administration Insights (JPVAI), 6-7.
Babbie, E. (2014). The Practice of Social Research Fourteenth Edition. Boston, USA: Cengage Learning.
Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing : Step-By-Step Techniques To Spread the Word About Your Business Fast and Free. United States: McGraw-Hil Companies.
Neuman, W. L. (2014). Basics of Social Research: Qualitative & Quantitative Approaches. Harlow, United Kingdom: Pearson Education Limited.
Rehman, F. U., Yusoff, R. B., Ismail, F. B., & Javed, F. (2018). What is Brand? Some Insights in the Historical Development. Information Management and Business Review, 8-13.
Rishi, O. P., & Sharma, A. (2017). Maximizing Business Performance and Efficiency through Intelligent Systems. Hershey: IGI Global.
Sivaram, M., Munawar, N. A., & Ali, H. (2019). DETERMINATION OF PURCHASE INTENTION THROUGH BRAND AWARENESS AND PERCEIVED QUALITY (Case Study: For consumers PT. Sentosa Santosa Finance Tangerang area). Dinasti Internasional: Journal of Management Science, 234-235.
Social, W. A. (2023, 5 4). Jumlah Pengguna Instagram Indonesia Terbanyak ke-4 di Dunia. Retrieved from Databoks Katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/04/jumlah-pengguna- instagram-indonesia-terbanyak-ke-4-di-dunia
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2018). Social Media Marketing. New York: SAGE
Publications.
Yadav, M., & Rahman, Z. (2018). The influence of social media marketing activities on customer loyalty: A study of e-commerce industry. Benchmarking: An International Journal, 25(9), 3882-3905.
Yazdanparast, A., Joseph, M., & Muniz, F. (2016). Consumer based brand equity in the 21st century: an examination of the role of social media marketing. Young Consumers, 17(3), 243-255.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.