Pengaruh Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi dalam Membangun Brand Image Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan Instagram sebagai media komunikasi dalam membangun brand image pada UMKM, dalam hal ini pada toko suku cadang motor dan restorasi motor klasik custom. Penelitian dilihat dari seberapa besar penggunaan Instagram yang dilakukan oleh pemilik dan seberapa besar penggunaan Instagram berpengaruh dalam membangun brand image. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dalam bentuk wawancara dan penyebaran kuisioner terhadap pemilik dan 36 responden yang menjadi followers. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas data, koefisien determinasi, uji parsial t, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis yang diolah menggunakan program Statistical Package For Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukan penggunaan Instagram dinilai sangat baik oleh responden dan menjadikan media komunikasi yang interaktif dengan kosumen dan pelanggannya. Sedangkan skor dari brand image menunjukkan bahwa membangun brand image dinilai sangat baik oleh responden. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara penggunaan Instagram terhadap membangun brand image.
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Andriansyah, Irfan & Maharani, Anastasya. 2021. Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing. Bandung: CV. Cendekia Press.
Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Gunelius, Susan. 2011. 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: PT. Prenhalindo
Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sudjana, Nana. 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparmoko. 1991. Metode Penelitian Praktis. Yogyakarta: BPFE.
Sumber Internet
Kaplan, A.M. & Haenlein, M. 2010. Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53, 59-68. http://dx.doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003 [23/3/2023]
Riyanto, Andi Dwi. 2022. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022
https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/ [11/3/2023]
Jurnal dan Skripsi
B, Alfian. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman. Makasar: Skripsi Universitas
Hasanuddin
Sutanto, Herlena. Efektivitas Penggunaan Instagram melalui Tiga Tahap Analisis pada Bebini Gelati Cafee. Agora, vol. 5, no. 1, 2017.